Return to site

Tips Manajemen Diabetes Untuk Menurunkan Risiko Serangan Jantung

March 16, 2022

Pada artikel sebelumnya, kami telah memberikan beberapa hal yang dapat memicu serangan jantung yang kami harap dapat membantu Anda dapat menghindari kondisi tersebut. Seperti yang telah disebutkan, bahwa diabetes merupakan salah satu penyebab yang dapat menambah tingkat risiko seseorang mengalami diabetes. Maka dari itu, Anda harus berusaha untuk menjaga pola hidup sehat jika Anda memiliki diabetes untuk bisa dijauhkan dari serangan jantung. Perubahan gaya hidup ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung atau mencegahnya menjadi lebih buruk, serta membantu Anda mengelola diabetes. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam manajemen diabetes sekaligus untuk mencegah risiko serangan jantung untuk Anda yang saat ini memiliki diabetes.

1. Terapkan pola diet sehat

Diet tak sehat juga menambah risiko serangan jantung. Maka dari itu, Anda harus selalu mengikuti pola diet sehat untuk manajemen diabetes dan menjaga kesehatan jantung Anda. Makan lebih banyak buah dan sayuran segar, protein tanpa lemak, dan biji-bijian bisa menjadi pilihan. Makan lebih sedikit makanan olahan (seperti keripik, permen, dan makanan cepat saji) dan hindari lemak ikon transeksternal. Minum lebih banyak air, lebih sedikit minuman manis, dan menghindari alkohol adalah cara terbaik untuk bisa menjalani diet sehat.

2. Menjaga berat badan yang sehat/ideal

Jika Anda kelebihan berat badan, kehilangan sedikit berat badan dapat menurunkan trigliserida dan gula darah Anda. Jika gula darah Anda terkontrol dengan penurunan berat badan, Anda juga akan memiliki kualitas aliran darah yang baik untuk tubuh Anda. Selalu perhatikan berat badan Anda dan juga selalu melakukan pemeriksaan kadar gula dan tekanan darah Anda

3. Aktif

Aktif secara fisik membuat tubuh Anda lebih sensitif terhadap insulin (hormon yang memungkinkan sel-sel dalam tubuh Anda menggunakan gula darah untuk energi), dan akan membantu mengelola diabetes Anda. Aktivitas fisik juga membantu mengontrol kadar gula darah dan menurunkan risiko penyakit jantung. Cobalah untuk melakukan aktivitas fisik intensitas sedang setidaknya 150 menit per minggu

4. Temui pendidik/konsultan/dokter diabetes Anda

Bekerja dengan spesialis perawatan dan pendidikan diabetes untuk membantu menghindari komplikasi kesehatan seperti penyakit jantung sangat perlu dilakukan. Anda akan mendapatkan dukungan dan solusi serta mendengar tentang kemajuan terbaru dalam mengelola diabetes yang Anda jalankakn. Cari tahu lebih lanjut tentang bagaimana pendidikan diabetes dapat membantu Anda merawat diri sendiri dengan sebaik-baiknya. Dan pastikan untuk meminta rujukan dari dokter jika Anda belum memiliki pendidik diabetes.