Return to site

Tips Dasar Untuk Mengontrol Diabetes

July 14, 2021

Pada artikel kali ini, membahas tentang tips pengendalian diabetes yang mendasar. Pada dasarnya, tipe 1 dan tipe 2 membutuhkan pendekatan holistik. Berikut adalah 4 tips untuk membantu mengontrol diabetes Anda dan tetap terkendali.

1. Mengonsumsi makan-makanan sehat

Mari kita bicara tentang tips makan sehat untuk membantu mengontrol diabetes Anda. Memiliki diabetes bukan berarti Anda harus melepaskan semua makanan favorit Anda secara tiba-tiba. Tetapi Anda perlu tahu bagaimana makanan yang Anda makan memengaruhi gula darah Anda.

Tapi apa sebenarnya makan sehat itu? Anda dapat mencapai makan sehat dengan tetap memuaskan seleranya dan menjaga tradisi Anda. Anda hanya perlu memperhatikan gula, lemak jenuh dan lemak trans, natrium, dan alkohol dalam diet Anda.

Ada 3 jenis nutrisi utama dalam makanan:

  • karbohidrat,
  • protein, dan
  • lemak.

Memasukkan sebagian dari ketiganya dalam setiap makanan, membantu membuat rencana yang sehat untuk meningkatkan kadar glukosa darah (gula) dan lipid (lemak). Tidak ada satu diet tunggal yang cocok untuk semua orang. Jadi, Anda dapat berkonsultasi dengan ahli gizi untuk membuat diet yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pertimbangkan berbagai pilihan makan sehat. Ada begitu banyak resep dan begitu banyak kelompok makanan berbeda yang mungkin tidak Anda sadari. Selalu mencari alternatif untuk karbohidrat yang meningkatkan gula darah Anda jika Anda tidak atau tidak bisa menghilangkan makanan itu dari diet Anda. Misalnya, Anda dapat menyesuaikan dengan 1 potong roti gandum, bukan roti putih. Untuk pilihan makanan yang lebih rinci, silakan lihat artikel kami “apa yang harus dimakan dan apa yang tidak boleh dimakan untuk diabetes”.

2. Cobalah untuk menghindari ngemil karbohidrat

Pahami label kandungan gizi pada kemasan untuk membuat pilihan yang sehat. Kebanyakan orang masih bingung antara total karbohidrat versus gula. Bagi pasien diabetes, ingatlah untuk melihat total karbohidrat. Ingatlah untuk makan makanan dengan serat tinggi yang akan membantu mengurangi jumlah karbohidrat yang berpengaruh pada gula darah. Juga, ingatlah bahwa fakta nutrisi bukanlah fakta yang solid. Biasanya ada 10 hingga 20% kemungkinan kesalahan dalam label nutrisi yang dapat mempengaruhi gula darah Anda secara signifikan terutama untuk pasien dengan diabetes tipe 1.

3. Menyesuaikan makanan dengan aktivitas

Sesuaikan rencana makan untuk aktivitas fisik, liburan, dan perjalanan. Ingat: Aktivitas fisik akan mengurangi gula darah Anda. Ini juga akan mengurangi kebutuhan akan obat-obatan. Jadi Anda mungkin perlu menyesuaikan obat Anda. Jika Anda cenderung memiliki gula darah rendah setelah aktivitas fisik, misalnya, makan camilan karbohidrat sehat sebelum atau selama aktivitas fisik dapat membantu. Ingat, berjalan-jalan sebentar setelah makan dapat membantu gula darah Anda lebih dari yang Anda kira.  Ketika Anda pergi berlibur atau bepergian, Anda harus berhati-hati dengan diabetes Anda. Ini termasuk mengingat untuk mengemas obat-obatan Anda, menjaganya pada suhu yang sesuai, dan mengingat untuk meminumnya.

4. Selalu aktif dan berolahraga

Selalu aktif dan berolahraga bukan hanya tentang menurunkan berat badan. Ini memiliki banyak manfaat kesehatan seperti mengurangi kolesterol, meningkatkan tekanan darah, meminimalkan stres, dan kecemasan. Itu juga dapat meningkatkan kesehatan Anda yang merupakan pasien diabetes. Menjaga konsistensi Anda dalam berolahraga sangat penting, karena dengan olahraga lah diabetes Anda dapat terkontrol. Jika Anda mengalami kesulitan untuk memilih jenis olahraga, maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com