Return to site

Tips Agar Tetap Aktif Saat PPKM Bagi Pasien Diabetes

September 6, 2021

PPKM yang diterapkan oleh pemerintah baru-baru ini membuat aktivitas dan mobilitas kita di luar ruangan menjadi sedikit berkurang. Padahal, tetap aktif saat Anda berada di kantor atau di tempat kerja lainnya ketika Anda menjadi seorang pasien diabetes itu penting, terutama jika Anda harus duduk di depan komputer dalam waktu lama. Bagi kebanyakan orang yang bekerja di depan komputer, mereka memiliki sedikit gerakan dan lebih cenderung fokus duduk lama hingga jam istirahat tiba. Selama masa pandemi COVID-19, kita memiliki kesempatan untuk bekerja dari rumah, dan ini dapat Anda maksimalkan untuk manajemen diabetes dari rumah. Dengan demikian, Anda masih bisa memberikan sedikit waktu untuk melakukan aktivitas yang tidak mengganggu pekerjaan Anda. Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan untuk menjaga tetap aktif yang dapat Anda coba selama PPKM ini masih berlaku di Indonesia:

1. Jalan-jalan di dalam rumah

Kebanyakan dari kita, saat berada di rumah dan ada orang lain seperti keluarga, kita akan lebih memilih untuk meminta tolong ketika kita memerlukan sesuatu. Ingin minum, kita manggil keluarga, ingin camilan, kita minta tolong keluarga dan sebagainya. Ketika Anda bekerja dari rumah dan Anda tidak sedang video call, Anda dapat memberikan 1 menit waktu luang Anda tiap 1 jam untuk berjalan untuk mengambil sesuatu. Yang harus dipastikan, jangan keluar rumah untuk waktu lama agar tidak mengganggu pekerjaan Anda.

2. Manfaatkan handsfree atau earphone/headset saat melakukan panggilan

Mendapatkan telepon dari pelanggan atau tim yang ada dikantor merupakan kesempatan yang baik untuk Anda agar aktif. Ketika Anda mendapatkan panggilan, gunakan handsfree atau earphone selama panggilan dan Anda dapat menerima panggilan dengan jalan-jalan di dalam rumah.

3. Jalan-jalan selama 20 menit di jam istirahat

Jika kita bekerja di kantor, kita umumnya akan menghabiskan waktu selama 20 menit untuk nongkrong di kantin atau makan di rumah makan sekitar kantor. Ketika Anda bekerja dari rumah, Anda memiliki waktu makan yang lebih singkat, jadi Anda dapat memanfaatkan waktu istirahat untuk ke luar rumah dan jalan-jalan mencari udara sedar dan menghilangkan stress. Jika Anda memiliki anak, ini tentunya baik untuk mengajak anak Anda.

4. Meregangkan tubuh

Jika Anda merasa capek, Anda dapat melakukan sejenak istirahat sembari meregangkan tubuh Anda. Yang paling penting adalah Anda tetap siaga dengan berada di dekat komputer jika sewaktu-waktu ada pekerjaan yang harus dilakukan. Meregangkan tubuh dapat dilakukan dengan sedikit senam mini seperti menggerakan seluruh tangan dan kaki 1-3 menit.