Return to site

Telur Salah Satu Makanan Yang Baik Untuk Penderita Diabetes

November 13, 2020

Telur adalah makanan serbaguna dan sumber protein yang bagus. Harganya yang sangat murah dan mudah didapat tentu telur ini menjadi salah satu lauk dalam makanan yang sering menjadi pilihan semua orang. Selain murah dan terjangkau, tahukah Anda bahwa berdasarkan rilis yang dikeluarkan oleh Asosiasi Diabetes Amerika, mereka menyebutkan bahwa telur sebagai salah satu makanan pilihan yang sangat baik untuk penderita diabetes. Hal ini dikarenakan dalam satu telur besar mengandung sekitar setengah gram karbohidrat. Jumlah yang kecil ini pun diperkirakan tidak akan menaikkan kadar gula darah dalam tubuh Anda.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa telur merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan tinggi kolesterol. Satu telur besar mengandung hampir 200 mg kolesterol. Yang menjadi pertanyaan, apakah ini berdampak negatif pada tubuh atau tidak? Belum ada jawaban yang konkrit mengenai hal ini. Untuk itu, Anda harus berhati-hati untuk melakukan tindakan pencegahan sampai kita semua mengetahui dampak real dari telur. Pemantauan kolesterol pada diri Anda sangat penting untuk dilakukan apabila Anda menderita diabetes, karena diabetes merupakan penyakit yang sering terhubung atau memiliki risiko penyakit kardiovaskular.

Kadar kolesterol yang tinggi dalam aliran darah juga meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Tetapi asupan kolesterol dari makanan tidak terlalu berpengaruh pada kadar darah seperti yang pernah diperkirakan. Jadi, penting bagi penderita diabetes untuk mewaspadai dan meminimalkan risiko penyakit jantung yang disebabkan oleh penyakit lainnya.

Manfaat telur

Telur utuh mengandung sekitar 7 gram protein. Telur juga merupakan sumber potasium yang sangat baik bagi tubuh, yang mendukung kesehatan saraf dan otot. Kalium juga membantu menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh, yang meningkatkan kesehatan jantung Anda.Telur memiliki banyak nutrisi, seperti lutein dan choline. Lutein melindungi Anda dari penyakitdan kolin dianggap dapat meningkatkan kesehatan otak. Kuning telur mengandung biotin yang penting untuk kesehatan rambut, kulit, dan kuku, serta produksi insulin. Manfaat untuk meningkatkan produksi insulin inilah yang kemudian dapat membantu seorang penderita diabetes dapat melakukan perawatan dan pengobatan diabetes dari bahan non-kimia. Namun, sebelum Anda mengkonsumsi telur berlebihan, selalu memeriksakan tingkat kolesterol dan berapa banyak telur yang bisa Anda konsumsi sehari dengan berkonsultasi pada dokter pilihan Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com