Return to site

Study: Risiko Diabetes & Jantung Koroner Terhadap Pria/Wanita

December 13, 2021

Orang dengan diabetes memiliki tingkat risiko yang tinggi untuk mengalami penyakit jantung koroner. Selain itu, pasien diabetes mengalami peningkatkan risiko kematian yang disebabkan oleh komplikasi penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner umumnya lebih sering terjadi pada pria daripada wanita. Temuan dari penelitian kecil pada populasi kulit putih, dimana hasil menunjukkan bahwa diabetes tipe 2 memberikan risiko penyakit jantung koroner yang lebih tinggi pada wanita daripada pria.

Penyakit jantung koroner didefinisikan sebagai penyakit jantung iskemik dengan elektrokardiogram (EKG) abnormal. Para peneliti menggunakan analisis regresi logistik biner multivariabel untuk mendapatkan rasio odds (OR) untuk penyakit jantung koroner pada wanita dibandingkan pria, yang menjadi bagian dari tes penelitian tersebut diantaranya adalah:

  • Berat badan
  • Pemantauan glukosa di rumah
  • Obat diabetes
  • Nefropati diabetic
  • HbA1c
  • Tekanan darah sistolik, diastolik tekanan darah
  • Kolesterol LDL, kolesterol HDL, dan sebagainya.

Penelitian ini menggunakan interaksi aditif untuk menguji apakah jenis kelamin dan waktu paparan diabetes memiliki efek sinergis pada risiko penyakit jantung koronerok, dan semua peserta memberikan persetujuan tertulis.

Dibandingkan dengan pria, wanita memiliki HbA1c yang lebih rendah, tekanan darah sistolik dan diastolik yang lebih rendah, dan kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah yang serupa. Penelitian menghasilkan sebanyak 11,3% wanita yang memiliki diabetes tipe 2 mengalami komplikasi penyakit jantung coroner. Sedangkan pada pasien pria memiliki rasio 10,6%. Analisis multivariabel subkelompok berdasarkan durasi diabetes menunjukkan bahwa wanita memiliki risiko penyakit jantung koroner yang sedikit lebih tinggi daripada pria setelah 5-10 tahun mengalami diabetes dan ukuran efek menjadi lebih besar dari 15 tahun dan seterusnya

Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seorang pasien diabetes sangat memiliki risiko mengalami komplikasi jantung coroner. Sebelum Anda mengalami hal ini, apa yang harus Anda lakukan? Yang paling penting untuk menjaga jantung Anda sehat adalah dengan melakukan tindakan pencegahan dengan berolahraga, manajemen diabetes dengan baik, pola makan sehat. Dengan melakukannya secara rutin, Anda akan memiliki peluang dapat hidup sehat dan terbebas dari potensi jantung koroner.