Return to site

Study: Penggunaan Metformin Untuk Prediabetes

October 26, 2021

Berdasarkan hasil Studi Hasil Program Pencegahan Diabetes (DPPOS), di mana metformin secara signifikan menurunkan perkembangan diabetes pada individu dengan fasting plasma glucose (FPG) awal 110-125 vs 100-109 mg/dL (6,1– 6,9 vs 5,6-6,0 mmol/L) dan kadar A1C 6,0-6,4% (42-46 mmol/mol) vs <6,0% dan pada wanita dengan riwayat diabetes mellitus gestasional, disarankan bahwa metformin harus digunakan untuk mengobati orang dengan pradiabetes. Karena hubungan antara pradiabetes dan penyakit kardiovaskular disebabkan oleh faktor risiko nonglikemik yang terkait pada orang dengan pradiabetes, bukan karena glikemia yang sedikit meningkat, satu-satunya alasan untuk mengobati dengan metformin adalah untuk menunda atau mencegah perkembangan diabetes. Ada tiga alasan untuk tidak melakukannya.

  • Pertama, sekitar dua pertiga orang dengan pradiabetes tidak mengembangkan diabetes, bahkan setelah bertahun-tahun.
  • Kedua, sekitar sepertiga orang dengan pradiabetes kembali ke regulasi glukosa normal
  • Ketiga, orang yang memenuhi kriteria glikemik untuk pradiabetes tidak berisiko mengalami komplikasi mikrovaskuler diabetes dan dengan demikian pengobatan metformin tidak akan mempengaruhi hasil penting ini.

Mengapa menempatkan orang yang tidak berisiko untuk komplikasi mikrovaskular diabetes pada obat (mungkin selama sisa hidup mereka) yang tidak memiliki keuntungan langsung kecuali untuk menurunkan glikemia subdiabetes ke tingkat yang lebih rendah? Sebaliknya, individu dengan risiko tertinggi untuk mengembangkan diabetes yaitu, mereka yang memiliki konsentrasi FPG 110–125 mg/dL (6,1–6,9 mmol/L) atau kadar A1C 6,0–6,4% (42–46 mmol/mol) atau wanita dengan riwayat diabetes mellitus gestasional, harus diikuti dengan cermat dan metformin diperkenankan hanya ketika mereka didiagnosis menderita diabetes.

Program Pencegahan Diabetes (DPP) mempelajari pengaruh intervensi gaya hidup intensif dan metformin pada perkembangan diabetes dalam kelompok orang dengan peningkatan risiko diabetes (disebut pradiabetes). Setelah rata-rata 2,8 tahun masa tindak lanjut, 31% lebih sedikit individu yang diobati dengan metformin mengembangkan diabetes dibandingkan individu dalam kelompok kontrol dengan metode lainnya. Sebanyak 86% anggota kelompok metformin dan plasebo setuju untuk diikuti dan mengikuti Studi Hasil Program Pencegahan Diabetes (DPPOS). Plasebo dihentikan dan metformin (850 mg b.i.d.) dibuka dan dilanjutkan. Hasil tindak lanjut setelah 15 tahun pada kelompok yang diobati dengan metformin DPPOS baru-baru ini menunjukkan perkembangan diabetes lebih sedikit pada peserta dengan konsentrasi FPG awal yang lebih tinggi (110-125 vs. 100-109 mg/dL [6.1-6.9] vs 5,6-6,0 mmol/L]) (2), pada mereka dengan tingkat A1C 6,0-6,4% (42-46 mmol/mol) vs <6,0%, dan pada wanita dengan riwayat diabetes mellitus gestasional. Sebuah editorial yang menyertainya mengundang argumen yang membahas apakah orang yang memenuhi kriteria pradiabetes harus diobati dengan metformin. Sejak 33,9% dari populasi di atas 18 tahun di AS, 84,1 juta orang, memiliki pradiabetes, penggunaan metformin untuk mengobati mereka akan meningkatkan biaya obat jauh untuk pembayar serta bagi banyak individu. Perspektif ini akan menentang melakukannya.