Return to site

STUDY: Pasien Diabetes Yang Dialami Usia Muda Lebih Rentan Retinopati

November 19, 2021

Risiko retinopati dapat meningkat dengan durasi diabetes, terutama pada pasien pria muda dengan diabetes tipe 2, menurut temuan abstrak yang dipresentasikan baru-baru ini pada Pertemuan Tahunan virtual Asosiasi Eropa untuk Studi Diabetes (EASD) dan diterbitkan di Diabetologia.

Di tengah meningkatnya masalah diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 pada generasi yang lebih muda, para peneliti mencatat bahwa pasien dengan diabetes tipe 2 pada orang muda menimbulkan risiko komplikasi seumur hidup yang tinggi dan mengurangi harapan hidup. Khususnya, insiden retinopati, salah satu penyebab utama kebutaan di antara orang dewasa usia kerja di seluruh dunia, telah diindikasikan memengaruhi hingga 80% pasien dalam waktu 15 tahun setelah diagnosis diabetes, yang dapat menimbulkan beban keuangan yang besar bagi populasi ini jika dibiarkan.

Menyelidiki lebih lanjut prevalensi retinopati dan penyakit jantung koroner (PJK), komplikasi umum lainnya, pada pasien dengan diabetes tipe 2 dari kalangan orang muda, para peneliti melakukan studi cross-sectional dari data yang dikumpulkan dari catatan medis elektronik praktik umum Norwegia (EMRs).

Dalam studi tersebut, EMR dari 10.242 orang dewasa dengan diabetes tipe 2 dari 2014 dikumpulkan. Untuk mengeksplorasi hubungan antara usia saat diagnosis dan komplikasi, mereka membandingkan pasien dengan diabetes tipe 2 (diagnosis pada usia 40 tahun) dan mereka yang didiagnosis pada usia 50 tahun atau lebih (n = 6627) pada hasil klinis, retinopati, dan PJK melalui multivariat regresi logistik, dengan imputasi ganda bertingkat dilakukan untuk mengurangi potensi bias karena data yang hilang, catat para peneliti.

Dalam kohort, prevalensi diabetes tipe 2 onset muda adalah 10,2% (n = 980; 55,6% adalah laki-laki), di mana usia rata-rata adalah 33,3 tahun saat diagnosis dan 44,7 tahun pada tahun 2014. Sebagai perbandingan, usia rata-rata untuk kohort berusia 50 dan lebih tua adalah 62,7 tahun saat diagnosis dan 70,4 tahun pada tahun 2014.

Dibandingkan dengan kohort 50 dan lebih tua, rata-rata kadar hemoglobin terglikasi (A1C) diindikasikan lebih tinggi pada pasien dengan diabetes tipe 2 orang muda (60 mmol/mol vs 52 mmol/mol), dengan kadar A1C tinggi ditemukan lebih sering saat diagnosis. dalam populasi ini juga (7,6% vs 6,9%). Tingkat A1C yang lebih tinggi diamati pada pria dengan diabetes tipe 2 muda, tetapi tingkatnya serupa pada wanita dari kedua kelompok usia.

Dalam menilai komplikasi terkait penyakit, retinopati terbukti berkembang pada usia lebih dini, dengan prevalensi ditemukan hampir 3 kali lebih tinggi pada pasien dengan diabetes orang muda dibandingkan dengan mereka yang mengalami diagnosis pada usia 50 tahun atau lebih (15,5 vs 5,9%).

Risiko PJK terbukti lebih terkait dengan usia saat ini daripada durasi diabetes. Sebagai catatan, penulis penelitian mengatakan bahwa diagnosis diabetes tipe 2 lebih mungkin tertunda pada pria, yang cenderung lebih jarang mengunjungi dokter umum daripada wanita.

Referensi: https://www.eurekalert.org/news-releases/929817