Return to site

Study: Diabetes Tipe 2 Lebih Rentan Dialami Orang Dengan Obesitas

June 6, 2022

Jika Anda mengalami obesitas, ada kemungkinan besar Anda memiliki timbunan lemak di hati Anda. Para peneliti dari University of Arizona meyakini bahwa hal ini dapat meningkatkan peluang Anda terkena diabetes tipe 2 dan mencegah timbunan lemak di hati dapat menjadi kunci untuk perawatan diabetes tipe 2 atau pencegahan bagi Anda yang tidak memiliki diabetes. Salah satu penyebab utama meningkatnya beban diabetes adalah peningkatan angka obesitas. Saat ini, diabetes tipe 2 24 kali lebih umum daripada tipe 1. Para peneliti dari University of Arizona mengatakan bahwa peningkatan angka obesitas dan kejadian diabetes tipe 2 saling terkait dan memerlukan pendekatan baru. Mereka juga percaya bahwa hati mungkin memegang kunci untuk perawatan baru yang inovatif.

 

Mengobati penyebab dan bukan gejalanya

Para peneliti mengatakan bahwa semua terapi yang tersedia untuk mengobati diabetes tipe 2 bertujuan untuk menurunkan kadar gula darah. Ini, kata mereka, sebenarnya hanya mengobati gejala dan bukan akar penyebabnya. Untuk membuat perbedaan yang nyata, sangat penting untuk mengobati penyebabnya. Dengan mengingat hal ini, para peneliti studi ini bersama dengan peneliti dari Washington University di St. Louis, University of Pennsylvania dan Northwestern University menguraikan target baru untuk pengobatan diabetes tipe 2 dalam dua makalah yang baru diterbitkan di Cell Reports.

 

Kaitan antara obesitas dan diabetes

Ini adalah fakta yang diketahui di antara komunitas ilmiah bahwa obesitas dan diabetes tipe 2 memiliki hubungan yang erat. Orang gemuk memiliki lebih banyak lemak di hati dan ketika lemak meningkat di hati, maka meninggal dunia karena risiko diabetes. Oleh karena itu, para peneliti mengatakan bahwa lemak ini sebenarnya dapat menyebabkan Diabetes Tipe 2. Tetapi mereka mengakui bahwa mereka belum dapat menunjukkan dengan tepat bagaimana tepatnya lemak di hati menyebabkan tubuh menjadi resisten terhadap insulin dan mereka juga tidak tahu bagaimana hal itu menyebabkan pankreas mensekresi insulin secara berlebihan.

 

Hati berlemak dan perubahan metabolisme

Para peneliti mengukur neurotransmiter yang dilepaskan dari hati hewan obesitas untuk memahami bagaimana hati berkomunikasi dengan otak untuk mempengaruhi perubahan metabolisme yang terlihat pada obesitas dan diabetes. Mereka melihat bahwa lemak hati merangsang pelepasan neurotransmitter penghambat asam Gamma-aminobutyric, atau GABA. Mereka kemudian mengidentifikasi jalur dimana sintesis GABA terjadi dan enzim kunci yang bertanggung jawab untuk produksi GABA hati sebagai GABA transaminase. GABA adalah asam amino alami. Ini adalah neurotransmitter penghambat utama dalam sistem saraf pusat.

 

Sekarang, saraf menyediakan saluran untuk otak dan seluruh tubuh berkomunikasi dan ini adalah komunikasi dua arah. Ketika hati memproduksi GABA, itu menurunkan aktivitas saraf-saraf yang berjalan dari hati ke otak. Hasilnya adalah penumpukan hati, dengan memproduksi GABA, menurunkan aktivitas pembakaran ke otak. Ketika ini dirasakan oleh sistem saraf pusat, itu mengubah sinyal keluar yang mempengaruhi homeostasis glukosa.