Return to site

Studi Menunjukkan Dampak Utama Diabetes Pada Risiko Kematian

October 14, 2020

Penelitian baru yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan oleh Asosiasi Eropa untuk Studi Diabetes (EASD) tahun ini, yang diadakan secara online pada 21-25 September, menunjukkan bahwa memiliki diabetes tipe 1 (T1D) dikaitkan dengan peningkatan 33% di risiko kematian dibandingkan dengan orang-orang normal, sementara memiliki diabetes tipe 2 (T2D) dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian sebesar 19%. Penelitian ini dilakukan oleh Nicklas Rasmussen, Steno Diabetes Center dan North Jutland Aalborg University Hospital, Aalborg, Denmark, dan rekan-rekannya. Penelitian ini menyebutkan, orang-orang dengan diabetes dapat mengalami peningkatan risiko kematian karena mereka cenderung mengalami lebih banyak komplikasi (misalnya gula darah tinggi dan rendah), dan penggunaan obat-obatan dibandingkan dengan mereka yang tanpa diabetes. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memperkirakan risiko kematian dan mengidentifikasi faktor risiko yang berhubungan dengan peningkatan kematian pada penderita diabetes dibandingkan dengan orang-orang tanpa diabetes.

Dari Pendaftaran Pasien Nasional Denmark Nasional, penulis mengidentifikasi 12.975 orang dengan T1D dan 407.099 orang dengan T2D dan kelompok kontrol sesuai jenis kelamin dan usia (1: 1) dari populasi umum. Semua orang yang dirawat di rumah sakit dengan kematian pertama dari tahun 1996 hingga 2017 dianalisis menggunakan pemodelan komputer. Faktor risiko seperti usia, jenis kelamin, komplikasi diabetes, riwayat penyalahgunaan alkohol dan riwayat pengobatan dimasukkan dalam analisis yang disesuaikan. Tingkat kejadian, perbedaan tingkat kejadian dan rasio tingkat kejadian kematian dan lokasi di tubuh cedera dan patah tulang yang berhubungan dengan jatuh dihitung.

Untuk pasien dengan T2D, faktor risiko lain untuk kematian adalah: wanita (60% peningkatan risiko), berusia di atas 65 tahun (32%), penggunaan inhibitor reseptor serotonin selektif (SSRI) (digunakan untuk mengobati depresi) (32%) , penggunaan opioid (9%), gabungan SSRI dan opioid (60%), dan riwayat penyalahgunaan alkohol (risiko hampir dua kali lipat).

Untuk pasien dengan T1D, faktor risiko lain yang diidentifikasi untuk kematian adalah: wanita (peningkatan risiko 20%) berusia di atas 65 tahun (30%), penggunaan SSRI (35%), penggunaan opioid (15%) dan riwayat alkohol. penyalahgunaan (77%).

Ilustrasi (c) Unsplash.com