Return to site

Saran Makan Siang Sehat Untuk Pasien Diabetes

January 24, 2022

Mungkin sulit untuk menemukan menu makan siang yang baik untuk penderita diabetes. Mungkin Anda berada di tempat kerja atau sekolah tanpa akses ke dapur tetapi dengan banyak pilihan tidak sehat di sekitar Anda. Itulah mengapa penting untuk merencanakan ke depan dan memiliki daftar ide makan siang diabetes yang sehat untuk dipilih!

Rasio Makronutrien

Makronutrien adalah protein, lemak, dan karbohidrat, yang memberikan energi bagi tubuh. Untuk manajemen diabetes, akan sangat membantu untuk mengurangi asupan karbohidrat Anda untuk mengurangi potensi lonjakan gula darah. Setiap orang memiliki kebutuhan makronutrien yang berbeda. Faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas, kontrol glukosa darah, dan rejimen pengobatan semuanya dapat memengaruhi keseimbangan makronutrien yang tepat untuk Anda. Penting untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter diabetes untuk menentukan rasio pribadi Anda. Rejimen yang dipersonalisasi dapat membantu Anda mencapai tujuan perawatan spesifik Anda.

Karbohidrat

Saat merencanakan makan siang ramah diabetes, carilah karbohidrat berkualitas tinggi yang kaya serat untuk membantu mencegah lonjakan gula darah. ADA merekomendasikan pasien diabetes untuk mengkonsumsi setidaknya 25 gram serat per hari (jumlah standar yang direkomendasikan untuk orang dewasa pada populasi umum). Sumber yang ideal adalah kacang-kacangan dan lentil, sayuran, buah, dan biji-bijian.

Meningkatkan makan siang Anda merupakan hal yang mudah dilakukan, namun tak banyak yang mampu bertahan dan disiplin. Salah satu strateginya adalah memasukkan makanan yang kaya serat, seperti ubi jalar, beras merah, oat, dan biji-bijian. Semua makanan ini merupakan sumber "karbohidrat kompleks", yang berarti membutuhkan waktu lebih lama bagi tubuh untuk memproses dan dimetabolisme karena struktur patinya yang kompleks. Pemecahan yang lebih lambat ini membantu mencegah gula darah berlebih. Studi menunjukkan peningkatan serat makanan dapat memiliki efek dalam menurunkan A1C.

Protein

Protein tanpa lemak, termasuk ikan, ayam (tanpa kulit), kalkun, telur, kacang-kacangan, tahu, dan biji-bijian adalah pilihan yang sehat untuk makan siang yang seimbang. Jika Anda ingin makan di luar, carilah salad dengan protein tinggi atau pergilah ke restoran vegetarian di mana Anda dapat memilih makanan berserat sebagai protein utama Anda. Mengkonsumsi protein dari sumber makanan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Meskipun demikian, tidak ada standar yang ditetapkan tentang berapa banyak protein yang harus dikonsumsi paseiend diabetes setiap hari, jadi penting untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda atau dokter diabetes untuk menentukan target protein harian Anda.

Lemak

Lemak sangat penting untuk produksi hormon, fungsi jantung dan otak, penyerapan vitamin yang larut dalam lemak, dan integritas struktural setiap membran sel dalam tubuh. Diet kaya lemak tak jenuh tunggal nabati seperti alpukat, zaitun, dan kacang-kacangan juga dapat membantu meningkatkan metabolisme gula darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Ikan adalah pilihan yang bagus untuk sumber lemak yang sehat. ADA merekomendasikan mengonsumsi ikan berlemak seperti salmon, teri, mackerel, dan sarden rata-rata dua kali seminggu.