Return to site

Saran Makan Malam Sehat Untuk Pasien Diabetes

January 25, 2022

Meskipun pasien diabetes dapat makan sebagian besar makanan dalam jumlah sedang, mereka tetap harus menjaga kadar gula darah, tekanan darah, dan kolesterol mereka dalam kisaran normal, karena jika tidak dilakukan, hal ini dapat meningkatan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke. Langkah pertama dalam merencanakan makan malam sehat untuk anggota keluarga atau teman pasien diabetes adalah menyeimbangkan kadar protein, karbohidrat, dan lemak, sekaligus mengonsumsi makanan dengan cukup serat.

Dengan merencanakan kerangka dasar dalam makan makanan sehat untuk pasien diabetes, jauh lebih mudah untuk menghasilkan pilihan yang sehat yang aman dan bergizi untuk semua orang.Jika seseorang memiliki rentang waktu tertentu di mana mereka perlu makan, seperti mengikuti rejimen insulin untuk diabetes tipe 1 atau tipe 2, pastikan untuk menyajikan makanan yang dianjurkan dokter diabetes yang merawat Anda. Berikut adalah saran makan malam yang sehat untuk pasien diabetes yang dapat kami berikan:

1. Penghitungan karbohidrat dan GI

Sangat penting untuk membatasi dan mewaspadai asupan karbohidrat, penghitungan karbohidrat sekarang menjadi bagian yang penting dari manajemen diet. Tidak ada jumlah karbohidrat yang sama untuk semua orang, jadi dokter akan menyesuaikan kisaran normal karbohidrat sebagai bagian dari rencana makan malam Anda. Ingat, jenis karbohidrat lebih penting. Indeks Glikemik (GI) adalah metode yang dikembangkan para ilmuwan untuk mengukur kecepatan di mana karbohidrat tertentu melepaskan glukosa ke dalam aliran darah.

Makanan dengan angka GI tinggi, seperti nasi dan semangka, meningkatkan glukosa darah lebih cepat daripada makanan dengan peringkat lebih rendah. Makanan rendah GI, seperti apel, melepaskan glukosa lebih lambat, membuat glukosa darah lebih mudah diturunkan. Mengetahui kandungan karbohidrat makanan dapat membantu individu makan malam dalam jumlah yang tepat pada setiap makan atau nyemil dan tetap menikmati diet yang bervariasi dan memuaskan. Orang yang memiliki diabetes harus memantau dengan cermat ukuran porsi dan menyeimbangkan makanan GI tinggi dengan protein, lemak sehat, atau pilihan makanan berserat rendah GI.

2. Kontrol porsi

Tantangan terbesar dalam rencana makan malam sehat bagi pasien diabetes adalah dalam mengontrol porsi. Ini terutama benar ketika seseorang makan dengan tergesa-gesa. Menurut National Heart, Lung, and Blood Institute, ukuran porsi di restoran Amerika telah meningkat 200–300 persen dalam 20 tahun terakhir dan dapat menjadi faktor dalam meningkatnya tingkat obesitas di negara itu. Porsi besar ini dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang sangat besar bagi pasien diabetes. Mereka harus bertanya kepada pelayan tentang ukuran porsi, mengambil beberapa makanan untuk dibawa pergi, atau berbagi porsi dengan orang lain dapat menjadi tindakan yang penting untuk Anda.

Makanan yang harus dihindari
Ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari atau dibatasi secara ketat oleh pasien diabetes saat hendak makan malam.

  1. Gorengan
  2. Permen
  3. Minuman manis, seperti minuman kopi manis, soda, teh manis, atau jus
  4. Nasi putih dan roti putih
  5. Kentang panggang atau nachos dengan topping berlebihan
  6. Minuman beralkohol
  7. Pemanis buatan