Return to site

Riset: HbA1C & Pengaruhnya Terhadap Komplikasi Diabetes

August 13, 2021

Peningkatan variabilitas dalam HbA1c telah dikaitkan dengan tingkat komplikasi diabetes dan kematian yang lebih tinggi. Fluktuasi HbA1c yang signifikan ini dapat meningkatkan risiko kematian, terutama pada populasi berisiko tinggi seperti pasien geriatri. Sebuah studi observasional retrospektif dilakukan di Hong Kong, mengevaluasi hipoglikemia, variabilitas HbA1c, dan kematian untuk menentukan kekuatan prediksi nilai HbA1c dan hubungannya dengan prognosis diabetes.

Analisa kohort termasuk 3.424 pasien, namun, hanya 3.127 pasien yang memenuhi kriteria, memiliki setidaknya tiga pengukuran HbA1c. Hasil utama dalam Analisa tersebut adalah HbA1C merupakan penyebab dan kematian kardiovaskular. Hasil sekunder termasuk komplikasi diabetes seperti komplikasi neurologis, oftalmologi, dan ginjal, mikroalbuminuria dan makroalbuminuria, penyakit pembuluh darah perifer, stroke, serangan iskemik transien, fibrilasi atrium, kematian jantung mendadak, dan ketoasidosis diabetik (DKA) atau keadaan hiperglikemik hiperosmotik (HHS) atau koma. Usia rata-rata adalah 63 tahun, dan penyakit penyerta yang paling umum pada populasi adalah hipertensi (24,6%), penyakit jantung iskemik (15%), dan stroke (11%). Rata-rata insulin harian adalah 20,8 unit, dan kebanyakan pasien memiliki metformin (1300 pasien) atau sulfonilurea (1300 pasien) sebagai terapi antihiperglikemik.

Variabilitas HbA1c dievaluasi menggunakan mean, standar deviasi (S.D.), root mean square (RMS), dan koefisien variasi (CV). Para peneliti mendefinisikan skor variabilitas HbA1c (HVC), yang dinyatakan sebagai persentase, karena jumlah pengukuran HbA1c >0,5% dari pembacaan terakhir dibagi dengan jumlah total pengukuran HbA1c. Analisis statistik dilakukan dengan menggunakan regresi logistik untuk mengidentifikasi prediktor signifikan dari hasil yang berbeda, sedangkan regresi Cox digunakan untuk menentukan nilai prediktif variabilitas HbA1c untuk hasil utama. Peneliti menentukan signifikansi statistik jika P-value kurang dari 0,05. Selanjutnya, kurva Kaplan-Meier menganalisis waktu hingga kematian untuk semua penyebab kematian.

Baik Cox dan regresi logistik menemukan baseline, mean, dan RMS dari variabilitas HbA1c dan HbA1c awal sebagai prediktor negatif dari semua penyebab kematian. Pada saat yang sama, SD, CV, dan HVS semuanya merupakan prediktor positif. Nilai P untuk semua Cox dan prediktor regresi logistik kurang dari 0,001 dan diklasifikasikan sebagai signifikan secara statistik. Untuk mortalitas kardiovaskular dan waktu kematian, HbA1c dasar (P=0,005 untuk mortalitas kardiovaskular dan P=0,009 untuk waktu hingga kematian) adalah prediktor negatif, sedangkan SD, CV, dan HVS adalah prediktor positif. Nilai P untuk prediktor positif kurang dari 0,001.

Peneliti menggunakan nilai batas 7,3% dan 6,8% untuk nilai HbA1c dan nilai batas 0,86 dan 0,88 untuk variabilitas HbA1c dalam semua penyebab kematian dan prediksi risiko kematian kardiovaskular. Kelompok rata-rata HbA1c yang lebih rendah dikaitkan dengan waktu kematian yang lebih pendek secara signifikan untuk semua penyebab kematian (P<0,001) tetapi tidak untuk kematian kardiovaskular (P=0,920). Sebaliknya, baik waktu sampai kematian untuk semua penyebab mortalitas mortalitas kardiovaskular secara signifikan lebih pendek pada kelompok variabilitas HbA1c yang tinggi (P<0,001 untuk keduanya). Lebih lanjut, kejadian hipoglikemia merupakan mortalitas yang menguntungkan dan prediktor waktu sampai kematian untuk semua penyebab kematian dan prediktor positif untuk waktu sampai kematian pada mortalitas kardiovaskular. Demikian pula, baik variabilitas HbA1c dan HbA1c awal adalah prediktor positif untuk pengembangan DKA, HHS, atau koma, komplikasi diabetes neurologis atau oftalmologis, mikroalbuminuria, dan komplikasi diabetes ginjal.

Studi ini menunjukkan bahwa nilai dan variabilitas HbA1c yang tinggi dan rendah dapat memprediksi mortalitas dan komplikasi diabetes. Pasien dengan HbA1c rendah dikaitkan dengan hasil yang merugikan, dan episode hipoglikemia yang sering meningkatkan semua penyebab dan mortalitas kardiovaskular. Meskipun penelitian ini menawarkan bukti untuk pemanfaatan variabilitas HbA1c, parameter yang berbeda untuk perhitungan tetap tidak jelas dan mencegah penggunaan standarnya. Keterbatasan penelitian ini mencakup populasi utamanya di Cina, mencegah generalisasi, dan sifat pengamatannya, yang memengaruhi pengumpulan data. Sebagai kesimpulan, penelitian ini menyoroti dampak negatif hipoglikemia intermiten terhadap kematian. Hal ini juga menunjukkan kemungkinan hubungan antara variabilitas HbA1c, prognosis, dan risiko komplikasi diabetes pada pasien dengan diabetes.

Untuk hasil penelitian lebih lengkap, Anda dapat mengunjungi halaman berikut ini:

Lee, S., Liu, T., Zhou, J. et al. Predictions of diabetes complications and mortality using hba1c variability: a 10-year observational cohort study. Acta Diabetol 58, 171–180 (2021).  

Gorst C, Kwok CS, Aslam S, et al. (2015) Long-term glycemic variability and risk of adverse outcomes: a systematic review and meta-analysis. Diabetes Care 38(12):2354–2369 

Ilustrasi (c) Unsplash.com