Return to site

Riset: Diabetes Gestasional Meningkatkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

March 22, 2022

Dalam penelitian yang bertajuk 'American Journal of Obstetrics and Gynecology’ tim peneliti menemukan bahwa wanita hamil yang mengembangkan diabetes gestasional memiliki risiko lebih besar terkena masalah jantung di kemudian hari. Pada penelitian ini, tim mengikutsertakan peserta peserta di Biobank Inggris, dimana dalam penelitian ini diikuti oleh sebanyak 500.000 perempuan. Para peneliti mengamati kesehatan kardiovaskular dari 219.330 wanita yang telah melahirkan setidaknya satu bayi dari tahun 2006 hingga 2010. Hasil menunjukkan bahwa 13.094 wanita (6,0 persen) memiliki masalah kardiovaskular, dan wanita dengan riwayat diabetes gestasional memiliki risiko lebih besar terhadap berbagai masalah kardiovaskular, dan risiko itu meningkat seiring bertambahnya usia.

Setelah disesuaikan untuk variabel pengganggu, wanita dengan riwayat diabetes gestasional berada pada peningkatan risiko untuk berbagai kondisi kardiovaskular, termasuk penyakit arteri koroner, serangan jantung, stroke, penyakit arteri perifer, gagal jantung, regurgitasi mitral, dan fibrilasi atrium. Penelitian ini menunjukkan kepada kita sejauh mana masalah kesehatan jantung yang bisa muncul lama setelah seseorang melahirkan. Langkah selanjutnya adalah melihat tindakan pencegahan seperti apa yang bisa dilakukan selama kehamilan agar pasien diabetes gestasional dapat mencegah penyakit kardiovaskular berkembang di kemudian hari.

Banyak wanita didiagnosis dengan diabetes gestasional selama kehamilan. Sangat penting untuk memantau gula darah Anda dan menggunakan insulin Anda seperti yang ditentukan. Ada risiko serius selama kehamilan bagi wanita dengan semua jenis diabetes. Diabetes gestasional perlu dikenali dan ditangani dengan cepat karena dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius bagi ibu dan bayi.

Terlebih dari ancaman serius bagi ibu dan bayi, dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada ancaman yang lebih serius yang akan mengganggu masa pasca-hamil pada wanita yang diketahui memiliki diabetes gestasional. Maka dari itu, Anda yang pernah di diagnosis mengalami diabetes gestasional harus lebih sering memantau kesehatan Anda agar bisa terbebas dari penyakit kardiovaskular yang dapat mengancam Anda baik di masa muda maupun di masa tua.