Return to site

RISET: Diabetes Gestasional Berpotensi Meningkatkan Diababetes Tipe 1 & 2

July 1, 2021

Diabetes gestasional adalah diabetes yang berkembang selama kehamilan. Jenis diabetes ini umum dan mempengaruhi jutaan orang setiap tahun. Penelitian baru menunjukkan bahwa banyak orang yang mengalami diabetes gestasional akan terus mengembangkan diabetes di kemudian hari di luar kehamilan dan mungkin ada penanda awal untuk memprediksinya.

Berdasarkan penelitan yang dilakukan Heisinki University Hospital, menilai 391 wanita yang melahirkan antara tahun 1984 dan 1994 di Oulu University Hospital menyebtukan bahwa mereka berpotensi mengalami diabetes gestasional. Para peneliti menemukan bahwa autoantibodi spesifik, atau prekursor protein diabetes, ditemukan di awal kehamilan dan mereka yang memilikinya memiliki peluang lebih tinggi terkena diabetes tipe 1 di kemudian hari. Wanita yang merupakan pasien diabetes gestasional juga memiliki kemungkinan lebih tinggi terkena diabetes tipe 2.

Dalam studi tersebut, peneliti menggunakan kuesioner tindak lanjut pada 2012-2013, rata-rata 23 tahun kemudian. Mereka menemukan bahwa 5,7 persen dari mereka yang pasien diabetes gestasional terus mengembangkan diabetes tipe 1. Selanjutnya, 50,4 persen mengembangkan diabetes tipe 2, berkali-kali dalam 5 sampai 10 tahun setelah melahirkan.

Diabetes gestasional adalah jenis diabetes yang terjadi selama kehamilan pada orang yang belum pernah didiagnosis memiliki diabetes. Biasanya bersifat sementara tetapi mempengaruhi antara 2-10 persen kehamilan setiap tahun.

Ketika tubuh tidak dapat membuat cukup insulin selama kehamilan, diabetes gestasional terjadi. Selama kehamilan, tubuh menciptakan lebih banyak hormon yang memungkinkan tubuh mengalami banyak perubahan, termasuk penambahan berat badan.

Diabetes selama kehamilan dapat meningkatkan komplikasi kelahiran seperti cacat, lahir mati, dan kelahiran prematur. Memiliki manajemen glukosa yang baik dapat mengurangi kemungkinan Anda membutuhkan operasi caesar atau memiliki bayi yang lahir terlalu besar. Dalam banyak situasi, diabetes gestasional bersifat sementara dan biasanya berakhir segera setelah bayi lahir.