Return to site

Rekomendasi Ahli Kesehatan Untuk Bisa Terhindar Dari Diabetes

March 16, 2023

Seseorang dengan diabetes harus hati-hati memantau diet mereka karena diabetes yang tidak terkontrol pada akhirnya dapat menyebabkan masalah jantung atau ginjal. Ada kalanya diabetes memburuk ke titik di mana ia mempengaruhi area tubuh lainnya. Menanggapi masalah kesehatan ini, Organisasi Kesehatan Dunia pun juga merekomendasi kesehatan yang dapat membantu memerangi diabetes, penyakit jantung, stroke, dan kanker.

Menurut data yang diberikan oleh WHO, serangan jantung, stroke, kanker, diabetes dan gangguan paru-paru menyumbang 70% dari semua kematian di seluruh dunia. Lebih dari 16 juta orang yang meninggal berusia di bawah 70 tahun. Organisasi Kesehatan Dunia mengaitkan peningkatan penyakit ini dengan peningkatan asupan makanan cepat saji, olahraga yang buruk, minum alkohol yang berlebihan dan penggunaan tembakau yang berlebihan. Berikut adalah empat kebiasaan sehat yang direkomendasikan Organisasi Kesehatan Dunia.

1. Konsumsi gula dan garam secukupnya

Menurut WHO, tidak boleh lebih dari 5 gram atau 1 sendok teh garam yang dikonsumsi setiap hari. Sebagai pengganti garam, gunakan daun hijau segar dan kering dan rempah-rempah segar. Gunakan bumbu asin, kecap asin dan saus pedas lainnya secukupnya. Badan kesehatan juga menyarankan agar tidak menggunakan lebih dari 50 gram gula per hari, atau 12 sendok teh. Rekomendasi lain yang dibuat oleh WHO adalah untuk menghindari memasukkan garam dan gula ke dalam makanan anak-anak di bawah usia dua tahun.

2. Jumlah asupan harian lemak jenuh dan lemak trans

Gunakan susu rendah lemak dan produk susu bila memungkinkan juga makanan seperti ayam putih, ikan, dan sebagainya yang memiliki lemak tinggi. Kurangi konsumsi produk daging seperti sosis. Selain itu, hindari makan makanan yang dipanaskan atau digoreng.

3. Makan sehat

Makanan sehat, yang terbuat dari gandum utuh dan terbuat dari beras merah dan gandum, harus dikonsumsi setiap hari. Gunakan buah dan sayuran hijau dan segar dalam makanan Anda. Telur, ikan, susu dan daging semuanya harus dimasukkan dalam makanan. Ingat, penggunaan daging tidak bagus untuk diabetes, tapi Anda masih bisa mengonsumsinya dengan porsi yang dapat disesuaikan dengan kondisi kesehatan dan kadar gula darah Anda.

4. Apa yang harus diminum dan apa yang tidak boleh diminum?

Minuman dingin yang tinggi gula, minuman panas, kopi, dan sebagainya tidak boleh dikonsumsi. Dianjurkan untuk menahan diri dari penggunaan alkohol dan meningkatkan asupan air. Jika Anda ingin mengonsumsi minuman manis, kopi manis, dan sebagainya yang mengandung gula, Anda wajib berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda