Return to site

Ramadhan Segera Tiba, Pasien Diabetes Wajib Memiliki Persiapan!

February 27, 2023

Diabetes adalah salah satu penyebab utama Penyakit Ginjal Kronis (PGK) dan pasien ini diharuskan menjalani pengobatan untuk mengontrol kadar gula darah. Oleh karena itu semua pasien dengan penyakit ginjal berisiko mengalami dehidrasi dan juga hipertensi dan ketidakseimbangan elektrolit jika mereka melakukan puasa selama Ramadhan. Selain itu, pasien diabetes berisiko mengalami perubahan parah pada kadar gula darah baik hipoglikemia maupun hiperglikemia. Ini dapat memiliki konsekuensi yang mengancam kehidupan pada kesehatan umum serta fungsi ginjal.

Transplantasi ginjal adalah pengobatan unik yang memungkinkan pemulihan fungsi ginjal dan peningkatan kelangsungan hidup pasien. Hal ini memungkinkan mereka untuk melanjutkan aktivitas kehidupan yang normal termasuk menjalani puasa. Namun mereka harus menjalani imunosupresi seumur hidup selain beberapa obat lain.

Pertanyaan tentang keamanan puasa dalam transplantasi ginjal telah dievaluasi dalam sejumlah studi penelitian selama 2 dekade terakhir. Perhatian utama pada pasien transplantasi adalah bahwa dehidrasi, dan hipoperfusi ginjal berikutnya selama puasa dapat mengakibatkan penurunan fungsi ginjal atau memfasilitasi masalah penolakan tubuh. Karena tacrolimus dan MMF harus diminum dengan interval 12 jam, disarankan untuk mengalihkan pasien ke formulasi tacrolimus sekali sehari (OD) dan Azathiporine untuk mengantisipasi periode Ramadhan terutama jika periode puasa lebih dari 12 jam.

Ini harus dilakukan setelah konseling dan jauh sebelum periode Ramadhan dan fungsi ginjal serta kadar Tacrolimus dipantau dan distabilkan terlebih dahulu. Beberapa dari mereka juga sedang menjalani pengobatan antidiabetes. Secara umum, pasien diabetes harus dinasihati agar tidak berpuasa mengingat risiko hipoglikemia, jika mereka disarankan untuk tidak puasa oleh dokter karena alasan ancaman yang lebih besar untuk tubuh.

Sebagian besar penelitian tidak menemukan perbedaan yang signifikan dalam frekuensi komplikasi akut selama Ramadhan pada pasien transplantasi ginjal yang memiliki fungsi ginjal normal atau gangguan fungsi ginjal ringan ketika mereka berpuasa dibandingkan dengan kelompok yang tidak berpuasa. Tidak ada penurunan fungsi ginjal atau penolakan yang diamati selama atau setelah Ramadhan. Namun ada kekhawatiran di antara ahli Nefrologi tentang kemungkinan dampak buruk puasa pada pasien dengan gangguan fungsi ginjal sedang hingga berat.

Sub-kelompok tertentu dari pasien transplantasi ginjal dimungkinkan untuk berpuasa selama Ramadhan jika pasien-pasien ini berusia lebih dari satu tahun dan memiliki fungsi ginjal yang stabil dan tidak menderita diabetes. Ini harus direncanakan dengan baik sebelumnya dengan nephrologist yang merawat mereka. Mereka harus memastikan bahwa mereka terus meminum obat imunosupresan tanpa gangguan sesuai jadwal. Namun tidak disarankan untuk pasien transplantasi ginjal dengan gangguan fungsi ginjal sedang hingga berat.