Return to site

Proses Kerja Insulin Dalam Tubuh Untuk Menstabilkan Gula Darah

February 10, 2022

Insulin adalah hormon yang dibuat pankreas untuk menurunkan glukosa/gula darah dalam tubuh Anda. Jika Anda menderita diabetes, pankreas Anda tidak menghasilkan cukup insulin atau tubuh Anda tidak meresponsnya dengan baik. Tubuh Anda membutuhkan insulin untuk menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang sehat.

Bagaimana Diabetes Mempengaruhi Produksi Insulin

Setiap jenis diabetes memengaruhi produksi insulin dengan cara yang berbeda. Diabetes tipe 1 menyebabkan kerusakan pada sel beta di pankreas yang membuat insulin. Akibatnya, tubuh Anda tidak dapat memproduksi cukup insulin. Diabetes tipe 2 mempersulit sel beta Anda untuk bekerja secara bertahap dan juga membuat semua sel tubuh Anda kurang mampu menarik dan menggunakan insulin.

Pada kedua jenis diabetes, gula dari makanan yang Anda makan menumpuk di dalam darah Anda. Secara terus-menerus, memiliki gula darah tinggi dapat merusak pembuluh darah Anda. Seiring waktu, diabetes dapat menyebabkan masalah pada saraf, mata, ginjal, jantung, dan organ lainnya.

Setiap orang dengan diabetes tipe 1 dan beberapa orang dengan diabetes tipe 2 membutuhkan bentuk insulin buatan laboratorium untuk mengontrol gula darah mereka.

Bagaimana Insulin Membantu Gula Darah Anda

Setelah Anda makan, tubuh Anda memecah karbohidrat menjadi glukosa. Glukosa itu masuk ke aliran darah Anda dan menyebabkan kadar gula darah Anda meningkat. Ketika Anda memiliki cukup insulin, ini membantu memindahkan glukosa dari aliran darah Anda dan masuk ke dalam sel. Sel-sel Anda menggunakan sebagian dari gula itu untuk energi dan kemudian menyimpan gula yang tersisa di lemak, otot, dan hati Anda untuk kebutuhan lain/cadangan. Setelah gula masuk ke sel Anda, kadar gula darah Anda akan kembali normal.

Bagaimana Anda Menggunakan Insulin Buatan?

Anda tidak dapat menggunakan insulin sebagai pil karena enzim di perut akan memecahnya selama pencernaan. Sebagai gantinya, Anda menyuntikkan insulin di bawah kulit Anda melalui jarum suntik, pompa, atau pena. Ada juga versi insulin inhalasi yang lebih baru. Anda menghirupnya melalui perangkat yang terlihat seperti inhaler asma. Orang dengan diabetes tipe 1 perlu menyuntikkan insulin beberapa kali sehari. Mereka yang menderita diabetes tipe 2 mungkin hanya perlu meminumnya sekali sehari.

Jenis insulin

Insulin memiliki empat jenis. Masing-masing mulai bekerja pada kecepatan yang berbeda dan mengontrol gula darah untuk waktu yang berbeda:

  • Insulin kerja cepat mulai menurunkan gula darah dalam waktu 15 menit dan efeknya berlangsung selama 2 hingga 4 jam.
  • Insulin short-acting mulai bekerja dalam waktu 30 menit dan efeknya berlangsung selama 3 sampai 6 jam.
  • Insulin kerja menengah mulai bekerja dalam 2 hingga 4 jam dan berlangsung selama 12 hingga 18 jam.
  • Insulin kerja panjang mulai bekerja dalam beberapa jam dan efeknya berlangsung selama 24 jam.