Return to site

Potensi Komplikasi Yang Dapat Diderita Oleh Penderita Diabetes Tipe 1

June 29, 2020

Diabetes tipe 1 (T1D) merupakan penyakit yang dapat tumbuh menjadi penyakit yang sangat berbahaya. Pasalnya, dari satu penyakit ini penderita dapat menderita penyakit lainnya atau komplikasi. Disini, kami akan memberikan informasi mengenai penyakit-penyakit yang berpotensi tumbuh mengikuti penyakit T1D.

1. Risiko berbagai penyakit jantung

Diabetes dapat menjadi salah satu penyakit jantung. Tipe dari penyakit ini pun berbeda-beda tergantung dari pasien. Semakin lambat seorang penderita diabetes tidak tertangani, maka risiko terhadap penyakit jantung yang akan diderita diantaranya adalah penyakit jantung coroner, tekanan darah tinggi, stroke dan juga potensi serangan jantung.

2. Hipergilkemia

Ketika kadar gula terlalu tinggi di dalam tubuh Anda, itu artinya Anda telah terkena hipergiklemia. Hiperglikemia umumnya terjadi karena porsi makan yang tidak teratur atau cenderung terlalu banyak dan disertai dengan kurangnya insulin. Hiperglikemia merupakan penyakit yang tidak boleh Anda biarkan. Apabila terjadi komplikasi serius yang disebut Ketoasidosis Diabetik. Kondisi ini merupakan suatu kondisi saat tubuh Anda tidak dapat lagi megolah karbohidrat dalam tubuh namun justru akan mengolah lemak sebagai sumber energi.

3. Kerusakan pada ginjal (nefropati)

Kondisi ketika kadar gula dalam tubuh Anda terlalu tinggi dapat merusak sistem penyaringan yang terdapat pada ginjal. Jika kondisi ini semakin parah, potensi yang akan didapat adalah gagal ginjal bahkan penderita harus menjalani cuci darah secara rutin atau bahkan melakukan transplantasi ginjal.

4. Komplikasi pada kehamilan

Risiko komplikasi juga dapat terjadi pada ibu hamil dan dapat berpotensi mengalami masalah kertoasidosis diabetik, preeklamsia. Bahkan, ibu hamil juga memiliki risiko keguguran dan juga risiko kelainan saat lahir.

5. Hipoklikemia

Perbeda dengan hiperglikemia, hipoglikemia adalah kondisi di mana gula darah Anda terlalu rendah. Komplikasi dipicu dengan kondisi di mana pasien melakukan suntik insulin yang terlalu banyak. Hiplogikemia tidak hanya disebabkan oleh faktor tersebut, faktor lainnya adalah kurangnya asupan karbohidrat dalam tubuh atau aktivitas olahraga yang terlalu berlebihan.

6. Neuropati (kerusakan saraf)

Diabetes tipe 1 merupakan penyakit yang dapat merusak dinding pembuluh darah kapiler yang memiliki tugas untuk memberikan nutrisi pada saraf terutama saraf kaki. Apabila kondisi ini terjadi secara terus menerus, maka akan memicu sensasi terbakar pada ujung kaki, mati rasa, memicu nyeri. Selain itu, juga dapat memicu kerusakan-kerusakan pada sistem pencernaan dan mengakibatkan mual, sembelit muntah maupun diare.

Itulah beberapa masalah komplikasi yang dihadapi oleh penderita diabetes tipe 1. Cegah diri Anda dari penyakit diabetes tipe 1 dengan selalu mengkonsumsi makanan sehat, olahraga yang tepat dan teratur. Anda juga dapat melakukan tindakan pencegahan dengan mengkonsumsi obat herbal untuk diabetes DMPhas yang terbuat dari eksktrak buncis dan pare. Informasi pemesanan DMPhas, silakan klik disini!