Return to site

Pola Makan Sebagai Kunci Keberhasilan Dalam Perawatan Diabetes

June 25, 2021

Bagi seorang pasien diabetes, menjaga pola makan dengan baik merupakan faktor utama untuk menjaga dirinya tetap seperti orang sehat, tentunya selain dengan pengobatan jika memang diperlukan seperti mengonsumsi obat atau suntik insulin bagi pasien diabetes tipe 1. Jika Anda memiliki diabetes, dan tidak dapat mengelolanya dengan benar, penyakit diabetes ini dapat meningkatkan berbagai macam komplikasi penyakit, mulai dari penyakit mata bahkan ancaman kebutaan, penyakit pada ginjal, risiko amputasi, stroke, dan juga risiko serangan jantung. Maka dari itu, seorang pasien diabetes harus menjaga pola makan dan juga harus memperhatikan menu makanan yang mereka konsumsi sehari-hari.

Perlu diingat kembali, bahwa penyakit diabetes adalah salah satu jenis penyakit kronis  yang dapat mengancam kehidupan pasien. Umumnya, pasien diabetes akan diawali dengan tanda atau gejala tingginya kadar gula (glukosa) dalam darah yang kemudian orang tersebut mendapatkan status pradiabetes. Ketika kadar gula darah ini tidak diperhatikan dan menjadi terlalu tinggi, kadar gula ini tumbuh menjadi diabetes dan apabila seseorang sudah memiliki diabetes dan tidak dapat mengelolanya dengan benar, maka diabetes dapat memicu berbagai macam komplikasi dan meningkatkan risiko penyakit/serangan jantung.

Maka dari itu, menjaga pola makan yang sehat dan waktu makan yang teratur disertai dengan aktivitas yang dapat membakar gula darah menjadi energi dan menu yang seimbang adalah kunci penting bagi pasien diabetes untuk meningkatkan keberhasilan dalam mengelola diabetes yang mereka alami. Asupan makanan dan kandungan nutrisi yang tepat yang didapat dari makanan juga dapat membantu pasien diabetes menjaga keseimbangan kadar gula darah. Dan hal ini pun dapat menekan atau menghambat risiko komplikasi untuk pasien diabetes.

Menjaga apa yang dimakan, dan tentunya dengan mengatur porsi dalam setiap makanan bukanlah hal yang mudah untuk pasien diabetes maupun untuk orang normal sekalipun. Apalagi jika seseorang yang memiliki diabetes ini merupakan orang yang suka mengonsumi makanan dengan karbohidrat dan gula yang tinggi, ini akan menjadi hal yang lebih sulit untuk dilakukan. Mengapa hal ini sulit untuk dilakukan? Karena karbohidrat dan gula merupakan kandungan pada makanan yang sangat umum dikonsumsi oleh masyarakat tak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia. Sedangkan ketika seseorang menjadi pasien diabetes, mereka harus mengubah pola makan dan cenderung hanya memiliki pilihan makanan yang terbatas, yang membuatnya mudah bosan untuk makan sehingga kebanyakan dari mereka gagal mencegah makanan yang tidak dianjurkan untuk pasien diabetes.

Ilustrasi (c) Unsplash.com