Return to site

Perawatan Diabetes Tipe 2 Untuk Anak

March 23, 2022

Diagnosis diabetes tipe 2 pada anak umumnya memerlukan hasil abnormal dari dua tes yang dilakukan pada hari yang berbeda. Ada beberapa tes darah untuk diabetes. Anak Anda akan memerlukan janji tindak lanjut secara teratur untuk memeriksa tingkat A1C-nya dan memastikan manajemen diabetes yang baik. Saat anak Anda tumbuh dan berubah, demikian juga rencana perawatan diabetesnya. Anda harus bekerja sama dengan tim perawatan diabetes anak Anda baik itu dokterperawat kesehatan maupun ahli diet, untuk menjaga kadar gula darah anak Anda sedekat mungkin dengan angka normal untuk mencegah komplikasi di kemudian hari. Berikut adalah beberapa hal yang harus selalu Anda perhatikan untuk menjaga kesehatan anak Anda.

1. Pemantauan gula darah

Dokter akan memberi tahu Anda seberapa sering Anda perlu memeriksa dan mencatat gula darah anak Anda. Anak-anak yang menggunakan insulin biasanya perlu melakukan tes lebih sering, mungkin tiga kali sehari atau lebih. Memeriksa gula darah Anda biasanya membutuhkan stik jari, meskipun beberapa pengukur glukosa darah memungkinkan pengujian di tempat lain. Pengujian adalah satu-satunya cara untuk memastikan bahwa kadar gula darah anak Anda tetap dalam kisaran targetnya yang dapat berubah seiring pertumbuhan anak Anda.

2. Makan makanan sehat

Karena anak-anak masih dalam masa pertumbuhan, fokusnya adalah memperlambat penambahan berat badan daripada menurunkan berat badan. Ahli diet anak Anda kemungkinan akan menyarankan agar anak Anda dan anggota keluarga lainnya mengonsumsi lebih sedikit produk hewani dan makanan yang manis.

3. Aktivitas fisik

Aktivitas fisik menurunkan gula darah. Dorong anak Anda untuk melakukan aktivitas fisik aerobik secara teratur setidaknya selama satu jam sehari dan, lebih baik lagi, berolahraga lah dengan anak Anda, agar ia memiliki teman untuk berolahraga. Waktu aktivitas tidak harus sekaligus, Anda dapat membaginya menjadi beberapa bagian waktu yang lebih kecil.

4. Pengobatan

Ada tiga obat yang telah disetujui oleh Food and Drug Administration untuk mengobati diabetes tipe 2 pada anak-anak - metformin (Glumetza, lainnya), liraglutide (Victoza) dan insulin. Metformin adalah pil dan liraglutide dan insulin diambil melalui suntikan.

  • Metformin mengurangi jumlah gula yang dilepaskan hati anak ke dalam aliran darah di antara waktu makan dan membantu sel-sel tubuh menggunakan insulin secara lebih efektif.
  • Liraglutide membantu tubuh melepaskan lebih banyak insulin dari pankreas setelah makan, ketika kadar gula darah lebih tinggi.
Kedua obat tersebut mungkin memiliki efek samping pada sistem pencernaan, seperti mual atau diare.
  • Insulin, insulin juga diperlukan jika kadar gula darah anak Anda sangat tinggi. Dengan perubahan gaya hidup dan obat-obatan lain, anak Anda dapat diberikan insulin sesuai dengan dosis dokter.