Return to site

Peran Glukagon & Insulin Dalam Mengontrol Kadar Gula Darah

May 20, 2021

Pada artikel kali ini, kami ingin memberikan sedikit pengetahuan kepada Anda mengenai kinerja insulin dan glukagon dan efeknya untuk tubuh Anda. Perlu Anda ketahui, insulin dan glukagon adalah hormon yang membantu mengatur kadar glukosa darah, atau gula dalam tubuh Anda. Glukosa ini merupakan gula yang berasal dari makanan yang Anda makan, yang kemudian dialirkan melalui aliran darah untuk membantu memberi energi pada tubuh Anda.

Untuk orang normal atau yang tidak memiliki masalah dengan insulin dan glukagon, insulin dan glukagon bekerja sama untuk menyeimbangkan kadar gula darah Anda, menjaganya dalam kisaran yang ideal sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh Anda. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana fungsinya dan apa yang bisa terjadi jika tidak berfungsi dengan baik, simak sedikit rangkuman berikut.

Bagaimana insulin dan glukagon bekerja sama untuk menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh Anda?

Insulin dan glukagon bekerja dalam metode yang disebut loop umpan balik negatif. Selama proses ini, satu peristiwa memicu peristiwa lain, yang memicu peristiwa lain dan seterusnya, untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah.

Bagaimana cara insulin bekerja

Selama pencernaan, makanan yang mengandung karbohidrat diubah menjadi glukosa. Sebagian besar glukosa ini dikirim ke aliran darah Anda, menyebabkan peningkatan kadar glukosa darah. Peningkatan glukosa darah ini memberi sinyal pada pankreas Anda untuk memproduksi insulin.

Insulin memberi tahu sel-sel di seluruh tubuh Anda untuk mengambil glukosa dari aliran darah Anda. Saat glukosa bergerak ke dalam sel Anda, kadar glukosa darah Anda menjadi turun. Beberapa sel menggunakan glukosa sebagai energi. Sel lain, seperti di hati dan otot Anda, menyimpan kelebihan glukosa sebagai zat yang disebut glikogen. Tubuh Anda menggunakan glikogen sebagai energi pada rentang waktu di antara waktu makan.

Bagaimana cara glukagon bekerja

Glukagon bekerja untuk mengimbangi tindakan insulin. Sekitar empat hingga enam jam setelah Anda makan, kadar glukosa dalam darah Anda menurun, memicu pankreas memproduksi glukagon. Hormon ini memberi sinyal pada hati dan sel otot Anda untuk mengubah glikogen yang disimpan kembali menjadi glukosa. Sel-sel ini kemudian melepaskan glukosa ke aliran darah Anda sehingga sel Anda yang lain dapat menggunakannya untuk energi. Seluruh umpan balik dengan insulin dan glukagon ini terus bergerak. Hal inilah yang kemudian membuat kadar gula darah Anda tidak turun terlalu rendah, memastikan bahwa tubuh Anda memiliki pasokan energi yang stabil.

Ilustrasi (c) Unsplash.com