Return to site

Pentingnya Kesadaran Orang Tua & Remaja Terhadap Ancaman Diabetes Tipe 1

April 6, 2021

Dengan meningkatnya kasus diabetes tipe 1 pada anak-anak, sebagai orang tua maupun Anda yang saat ini menginjak usia remaja, perlu waspada terhadap tanda dan gejala diabetes dan jangan pernah mengabaikannya. Diabetes tipe 1 adalah kondisi autoimun yang serius yang mengakibatkan tubuh tidak dapat memproduksi hormon insulin yang mengontrol kadar glukosa (gula) darah. Diabetes tipe 1 tidak dapat dicegah dan merupakan tipe diabetes yang paling umum pada anak-anak dan remaja. Maka dari itu, baik orang tua maupun remaja perlu menyadari ancaman diabetes ini sebagai tindakan pencegahan yang dapat diambil untuk kondisi saat ini maupun untuk kesehatan di masa depan. Diet dan gaya hidup tidak berperan dalam perkembangan diabetes tipe 1. Diabetes tipe 1 adalah kondisi yang sangat berbeda dengan tipe 2.

Perlu Anda ingat, setiap tahun selalu ada banyak kasus baru diabetes tipe 1 pada anak-anak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Penyebab diabetes tipe 1 belum sepenuhnya dipahami tetapi ada kemungkinan yang mendasari yang mencakup berbagai alasan lingkungan dan genetik. Virus juga dianggap berperan terhadap diabetes dan ada beberapa penelitian awal yang mengeksplorasi hubungan potensial antara Covid-19 dan diabetes tipe 1.

Diagnosis diabetes tipe 1 dapat mengkhawatirkan bagi kaum muda dan orang tua, tetapi dengan diagnosis yang tepat waktu dan dukungan dari ahli kesehatan diabetes antar profesional sama sekali tidak ada alasan siapa pun tidak dapat menjalani kehidupan normal.

Berikut adalah beberapa hal yang menunjukkan bahwa Anda atau anak Anda mungkin mengalami diabetes tipe 1:

1. Mengalami kondisi yang membuat seseorang pergi ke toilet lebih banyak dari biasanya,

2. Lebih mudah haus

3. Mudah lelah dan letih pada anak

4. Tubuh anak semakin kecil/kurus

Dari beberapa tanda-tanda dan gajala tersebut, sebagai orang tua, Anda perlu melakukan diagnosis secepat mungkin dengan membawa anak Anda ke dokter. Dengan tindakan yang cepat ini, Anda dapat mencegah anak Anda mengalami diabetes tipe 1 yang tentunya dapat melakukan tindakan pencegahan terhadap diabetes dengan lebih baik daripada Anda telat dan anak Anda harus mengalami diabetes seumur hidupnya.