Return to site

Penderita Diabetes: Sayangi Tubuh Anda, Jauhkan Dari Luka!

June 26, 2020

Seorang penderita diabetes sering kali tidak menyadari bahwa luka kecil yang ada pada kaki dapat menjelma menjadi luka yang sangat parah. Bahkan, ketika luka tersebut benar-benar sudah sangat parah, yang terjadi adalah potensi amputasi pada bagian-bagian yang luka tersebut. Seperti luka pada jari kaki atau luka pada bagian kaki lainnya. Bahkan, pada luka yang lebih parah, penderita diabetes juga berpotensi terkena infeksi pada jari-jari tangan. Ketika hal ini terjadi maka solusi agar luka tidak semakin parah, maka bagian yang mengalami luka tersebut harus diamputasi.

Berdasarkan informasi dari website Kementerian Kesehatan, ada dua hal yang berhubungan antara diabetes dan amputasi pada kaki. Dua hal ini dapat Anda jadikan bagian dari tindakan pencegahan sebagai bentuk rasa sayang Anda terhadap tubuh meskipun sedang mengalami sakit.

1. Kerusakan pada saraf atau dikenal dengan neuropati diabetik

Kerusakan pada saraf ini sedikit “menipu” para penderita diabetes. Karena, ketika kerusakan pada saraf kaki terjadi, penderita diabetes akan merasa sensasi sakit yang berkurang. Atau dalam artian penderita mengalami mati rasa. Sehingga, ketika penderita diabetes mengalami luka kecil, mereka tidak menyadari hal tersebut. Dari luka kecil yang tidak disadari inilah yang kemudian bermutasi menjadi infeksi berkelanjutan dan mengakibatkan luka besar yang parah dan harus diamputasi.

2. Kurangnya aliran darah

Diabetes dapat mengakibatkan penyempitan pada pembuluh arteri yang akan mengakibatkan berkurangnya aliran darah pada kaki. Darah memiliki peran penting untuk memberikan nutrisi pada kaki, apabila aliran darah berkurang, maka secara otomatis jaringan kaki juga akan kekurangan nutrisi. Hal inilah yang kemudian membuat luka sulit untuk disembuhkan. Amputasi bisa menjadi satu-satunya cara untuk menghentikan penyebaran infeksi yang lebih parah. Apabila penderita diabetes terlalu menganggap remeh luka yang dimiliki, maka jangan menyesal jika suatu saat Anda harus menerima kenyataan pahit tersebut.

Sebelum semua ini terjadi dan menjadi penyesalan seumur hidup Anda, lakukan perawatan dan pencegahan sebaik mungkin. Anda dapat memeriksa kodisi Anda secara rutin dan juga dapat mengkonsumsi obat herbal diabetes. Sayangi tubuh Anda dan lakukan usaha yang terbaik untuk mencegah semuanya terjadi pada Anda. Jika Anda mampu mencegahnya, maka Anda pasti bisa menghindari amputasi.

Ilustrasi (c) Pexels.com