Return to site

Pedoman Untuk Mengurangi Risiko Diabetes

November 22, 2021

Pedoman untuk mencegah atau menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 yang akan kami bahas dalam artikel ini juga sesuai jika Anda saat ini telah didiagnosis diabetes. Dalam hal ini, Anda perlu melakukan beberapa hal seperti, menjaga berat badan yang ideal/sehat, makan/diet seimbang dengan mengontrol karbohidrat, dan berolahraga secara teratur semuanya membantu meningkatkan kontrol glukosa darah. Jika Anda membutuhkan suntik insulin, Anda memerlukan lebih banyak atau lebih sedikit karbohidrat saat makan untuk memastikan kadar glukosa darah yang sehat. Bagi sebagian orang juga ada kebutuhan diet khusus untuk berolahraga, membutuhkan makanan ringan agar glukosa darah Anda tidak turun terlalu rendah. Untuk panduan khusus tentang skenario seperti ini, rujuk ke tim perawatan diabetes Anda yang merupakan sumber daya terbaik untuk mengelola jenis diabetes Anda. Berikut adalah tindakan pencegahan diabetes yang paling sederhana

1. Kendalikan berat badan Anda

Kelebihan berat badan adalah salah satu faktor/penyebab dari diabetes tipe 2. Kelebihan berat badan meningkatkan kemungkinan terkena diabetes tipe 2 tujuh kali lipat. Menjadi gemuk membuat Anda 20 hingga 40 kali lebih mungkin terkena diabetes daripada seseorang dengan berat badan yang sehat. Menurunkan berat badan dapat membantu jika berat badan Anda berada di atas kisaran berat badan yang sehat. Kehilangan 7-10% dari berat badan Anda saat ini dapat mengurangi peluang Anda terkena diabetes tipe 2. Tetapi, tidak semua orang gemuk terkena diabetes, ini tergantung bagaimana cara Anda dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan juga pola makan Anda.

2. Jangan malas bergerak, hindari hiburan elektronik (TV/HP/GAME/LAPTOP) untuk waktu yang lama setiap hari

Orang yang dalam kehidupan sehari-harinya malas bergerak, berpotensi mengalami diabetes tipe 2. Menggunakan otot lebih sering dan membuatnya bekerja lebih keras setiap hari akan meningkatkan kemampuan otot untuk menggunakan insulin dan menyerap glukosa. Ini juga dapat mengurangi tekanan pada sel-sel pembuat insulin Anda. Jadi manfaatkan beberapa waktu duduk Anda dengan waktu yang tepat dan jangan lupa untuk lebih aktif.

Olahraga atau beraktivitas hanya sekedar untuk mengeluarkan keringat jugak diperlukan untuk menuai manfaat ini. Temuan dari studi kesehatan menunjukkan bahwa berjalan cepat selama setengah jam setiap hari mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 30%. Baru-baru ini, The Black Women's Health Study melaporkan manfaat pencegahan diabetes serupa untuk jalan cepat lebih dari 5 jam per minggu.

Menonton televisi/hp/laptop/game merupakan beberapa hal yang membuat orang jarang aktif (malas gerak) dan ini akan sangat merugikan. Setiap dua jam yang Anda habiskan untuk menonton TV alih-alih mengerjakan sesuatu untuk lebih aktif dapat meningkatkan kemungkinan terkena diabetes. Selain itu juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kematian dini. Semakin banyak waktu yang dihabiskan didepan hiburan elektronik, semakin besar kemungkinan Anda mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, dan ini telah meningkatkan bagaimana hubungan menonton TV dengan diabetes

3. Jangan merokok

Diabetes tipe 2 memiliki daftar panjang dalam masalah kesehatan, salah satu penyebabnya adalah merokok. Perokok kira-kira 50% lebih mungkin untuk mengembangkan diabetes daripada bukan perokok, dan perokok berat memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami diabetes.