Return to site

Pasien Diabetes Wajib Melakukan Hal Ini Dalam Rencana Makan

March 4, 2021

Jika Anda merupakan pasien diabetes, Anda harus berusaha menjaga kadar gula darah Anda se-normal mungkin atau setidaknya mendekati normal. Maka dari itu, Anda harus disiplin dalam menjalani hari-hari Anda dengan melakukan apa pun yang dapat membantu Anda menjaga kadar gula normal. Tanyakan kepada dokter Anda tentang kisaran gula darah yang tepat untuk Anda. Ini akan menjadi tindakan yang paling tepat agar Anda tidak terjebak dengan saran-saran orang yang bukan ahli mengenai diabetes. Dengan berkonsultasi dengan ahli kesehatan, Anda akan mendapatkan banyak bantuan untuk mempelajari cara melakukan tindakan tepat.

Bawalah anggota keluarga atau teman saat Anda menemui dokter. Ajukan banyak pertanyaan. Sebelum Anda pergi, pastikan Anda memahami semua yang perlu Anda ketahui tentang perawatan diabetes Anda. Anggota keluarga dan teman akan membantu mengingatkan Anda ketika Anda melupakan sesuatu atau dapat bertanya kepada mereka jika Anda lupa.

Makan makanan sehat

Makanan pada rencana makan diabetes merupakan tindakan utama yang harus Anda lakukan. Cobalah untuk tetap berpegang teguh untuk selali memilih makanan yang rendah lemak, mengurangi garam dan gula dan memilih makanan yang tinggi serat, seperti kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Makan dengan benar akan membantu Anda untuk:

  • Mengatur dan pertahankan berat badan yang baik untuk Anda

  • Menjaga gula darah Anda dalam kisaran yang baik

  • Mencegah penyakit jantung dan kerusakan pembuluh darah

Tanyakan kepada dokter yang ahli diet yang dapat membantu Anda dalam rencana makan untuk Anda dan keluarga. Ahli diet dapat membantu Anda merencanakan makanan dengan makanan yang Anda dan keluarga sukai dan baik untuk Anda.

Jika Anda Menggunakan Insulin

Jika Anda merupakan pasien diabetes yang diharuskan menggunakan insulin, maka sebaiknya Anda melakukannya dengan disiplin. Berikut adalah tips bagi Anda yang menggunakan insulin tambahan

  • Beri diri Anda suntikan insulin sesuai saran dokter.

  • Makan dengan porsi makanan yang sama setiap hari pada waktu yang hampir sama.

  • Jangan melewatkan waktu makan, terutama jika Anda sudah disuntik insulin. Karena setelah menyuntikkan insulin gula darah Anda mungkin terlalu rendah.

Jika Anda Tidak Menggunakan Insulin

Jika Anda pasien diabetes yang tidak menggunakan insulin tambahan, yang paling penting adalah dengan selalu menjaga pola hidup sehat dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Ikuti rencana makan Anda.

  • Jangan melewatkan makan, terutama jika Anda minum pil diabetes.

  • Melewatkan jam makan bisa membuat Anda makan terlalu banyak pada jam makan berikutnya. Mungkin lebih baik makan beberapa porsi kecil setiap hari daripada satu atau dua porsi besar.

Ilustrasi (c) Unsplash.com