Return to site

Pasien Diabetes Sulit Tidur, Coba Terapkan Beberapa Tips Ini!

July 14, 2022

Sebagai seorang pasien diabetes, maka Anda harus memiliki waktu tidur yang cukup untuk menghindari peningkatan gula darah. Kurang istirahat juga akan memicu keinginan seseorang untuk mengemil. Bagi orang normal, bergadang akan membuat mereka tergiur untuk menambah cemilan, kopi, atau makanan-makanan lainnya. Setelah mereka makan, mereka akan menjadi ngantuk dan tidur. Kebiasaan seperti ini saja bisa membahayakan bagi orang-orang normal. Terlebih lagi bagi Anda yang memiliki diabetes. Jika Anda memiliki diabetes dan sering kali merasa kesulitan untuk tidur, berikut adalah beberapa tips agar Anda lebih mudah untuk tidur malam:

1. Mulailah dengan mengatur waktu tidur yang sama setiap hari

Jika sebelumnya Anda masih belum bisa tidur secara teratur, cobalah untuk mengatur waktu jadwal tidur malam mulai sekarang juga. Tidur yang dianjurkan adalah 7-8 jam, itu artinya Anda bisa mulai membiasakan untuk tidur malam mulai pukul 9 malam.

2. Membuat tubuh Anda nyaman sebelum tidur

Tubuh yang kesulitan untuk tidur umumnya sedang berada pada kondisi yang kurang nyaman. Seperti, memikirkan sesuatu yang berlebihan, stress dan sebagainya. Ketika Anda ingin mengubah kebiasaan tidur Anda, maka Anda harus mulai membiasakan diri untuk membawa tubuh tetap nyaman sebelum masuk kamar. Ini akan membantu Anda mempercepat upaya untuk tidur.

3. Kurangi sesuatu yang mengganggu

Suara musik, suara TV, notifikasi handphone dan sebagainya dapat menjadi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi Anda untuk bisa tidur dengan nyaman. Guna memaksimalkan tidur Anda dan menjaga tubuh Anda tetap segar meskipun mengalami diabetes, maka sebaiknya Anda mulai membiasakan diri unttuk tidak menyetel musik, menyetel TV dan menyalakan notifikasi/ringtone HP. Dengan menghilangkan kebiasaan Anda ini akan membantu Anda lebih mudah untuk tidur.

4. Hindari makanan berat, kopi dan minuman manis lainnya

Seperti yang kami bahas di awal, bagi orang sehat saja mengkonsumsi makanan berat beberapa menit sebelum tidur akan berbahaya. Tentu saja ini juga harus benar-benar Anda perhatikan untuk menjaga kesehatan Anda. Sebelum Anda tidur, sebaiknya hindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi atau mengonsumsi minuman manis, makanan yang masuk sebelum tidur. Bahkan terlalu kenyang biasanya akan membuat kita kesulitan untuk tidur, hal ini dapat mengganggu upaya Anda untuk mencapai tidur malam yang berkualitas.

Itulah beberapa tips yang dapat kami berikan kepada Anda agar bisa tidur nyenyak di malam hari selama perawatan diabetes. Jangan lupa untuk mengonsumsi obat herbal diabetes DMPhas di malam hari agar perawatan diabetes Anda semakin maksimal.