Return to site

Oatmeal Sebagai Pengganti Karbohidrat Yang Baik Untuk Pasien Diabetes

June 21, 2021

Menjaga pola makan merupakan salah satu hal yang paling krusial yang harus dilakukan oleh penderita diabetes. Karena, bagi pasien diabetes menjaga gula darah yang seimbang adalah hal yang sangat penting dalam memastikan manajemen diabetes yang maksimal. Dalam hal mengontrol kadar gula darah, pasien diabetes diharuskan untuk selalu berhati-hati terhadap setiap asupan karbohidrat yang ada dalam makanan. Alasannya adalah, karbohidrat merupakan zat yang sangat berpengaruh terhadap kadar gula darah baik bagi orang normal terlebih lagi bagi pasien diabetes. Salah satu solusi yang dapat diambil adalah dengan mengganti nasi dengan oatmeal untuk menjaga keseimbangan gula darah.

Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips untuk mengonsumsi oatmeal yang dapat dilakukan oleh pasien diabetes. Oatmeal memang menjadi salah satu makanan yang bisa menjadi sumber karbohidrat yang baik untuk pasien diabetes. Tetapi, dengan mengonsumsi oatmeal, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar bisa mendapatkan manfaat maksimal dari oatmeal serta sebisa mungkin menghindari efek sampingnya.

Berikut adalah beberapa cara sehat dalam mengonsumsi oatmeal:

  1. Menambahkan asupan nutrisi
    Dengan menambahkan protein atau lemak sehat Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.
  2. Pilih oatmeal yang terbuat dari gandum utuh yang dapat memberikan serat tinggi bagi tubuh Anda.
  3. Menambahkan kayu manis pada oatmeal Anda.
    Perlu Anda ketahui pula, kayu manis merupakan bahan makanan yang mengandung antioksidan, selain itu, kayu manis juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Antioksidan yang terdapat pada kayu manis juga dapat meningkatkan kepekaan terhadap insulin hal ini lah yang kemudian dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
  4. Menambahkan buah beri.

Alternatif sumber karbohidrat dari oatmeal memiliki indeks glikemik rendah. Artinya, mengonsumsi oatmeal tidak meningkatkan kadar gula darah, sekalipun mengalami kenaikan, kenaikan kadar gula tersebut tidak dialami secara drastis.

Dengan mengonsumsi oatmeal juga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Apalagi, bagi pasien diabetes, umumnya mereka juga memiliki tingkat kerentanan mengalami penyakit jantung yang lebih tinggi.