Return to site

Nyeri Kaki Diabetes Atau Neuropati Perifer Diabetik

July 27, 2021

Jika Anda telah didiagnosis menderita diabetes, Anda sudah memahami tantangan yang ada di depan. Salah satu tantangan yang paling membuat frustrasi dan menyakitkan adalah nyeri kaki diabetes. Berikut adalah tips untuk mencegah dan mengelola rasa sakit neuropati perifer diabetik. Para peneliti telah bekerja keras dalam dua dekade terakhir mencoba untuk menguraikan standar perawatan untuk diabetes dan nyeri kaki diabetes terkait. Jelas dari penelitian berikut bahwa ada cara untuk mencegah dan mengelola neuropati perifer diabetik dengan lebih baik. Berikut adalah lima hal utama yang perlu dilakukan:

1. Manajemen dan pencegahan nyeri kaki diabetes

Penelitian pada tahun 2016 membantah penelitian lain yang berfokus pada manajemen gula darah yang agresif. Tampaknya strategi pencegahan yang berhasil bergantung pada jenis diabetes yang dimiliki seseorang. Kontrol gula darah paling penting untuk diabetes tipe 1, sedangkan mengontrol berat badan adalah fokus untuk tipe 2.

2. Memantau orang yang berisiko adalah kuncinya

Karena diabetes bergantung pada kepatuhan pasien terhadap protokol pengobatan, salah satu cara terbaik untuk mencegah neuropati perifer diabetik adalah dengan memantau pasien yang mungkin tidak mematuhi perawatan. Menggunakan alat diagnostik yang lebih baik dan memperhatikan pasien yang berisiko dapat mencegah nyeri kaki diabetes berkembang atau memburuk.

3. Manajemen gejala adalah pendekatan berbagai aspek

Gejala neuropati diabetik sulit untuk ditangani. Karena itu, para peneliti menemukan bahwa pendekatan pengobatan terbaik adalah pendekatan berbagai aspek. Aspek penting yang ada meliputi:

  • Diagnosis dini
  • Pengobatan nyeri

4. Olahraga dapat mengurangi gejala

Bahkan jika Anda mengalami nyeri kaki diabetes, olahraga telah terbukti dapat meredakan beberapa gejala yang paling mengganggu (misalnya, nyeri, mati rasa, kesulitan bergerak). Dalam istilah yang paling sederhana, olahraga mencegah terjadinya pemicu-pemicu rasa sakit dan meningkatkan sinyal saraf positif saat bergerak.

5. Berhenti merokok secara dramatis menurunkan risiko Anda

Salah satu hal paling sehat yang dapat Anda lakukan secara umum adalah berhenti merokok. Ternyata perokok dengan diabetes memiliki risiko yang jauh lebih tinggi terkena neuropati perifer diabetik dibandingkan mereka yang tidak merokok. Perokok juga mengalami kesulitan mengatur gula darah dan lebih cenderung menjadi gemuk.

Cara mencegah, mengobati, dan meredakan nyeri kaki diabetes

Tubuh kita sangat individual, jadi jalur perawatan Anda tidak akan sama dengan setiap pasien lainnya. Pendekatan terbaik adalah berbicara dengan dokter Anda untuk menemukan cara terbaik dalam mencegah, mengobati, dan meredakan nyeri kaki diabetes untuk Anda.