Return to site

Metode Manajemen Diabetes Yang Murah Tapi Jarang Diterapkan!

October 4, 2022

Bagian penting dalam mengelola diabetes serta kesehatan Anda secara keseluruhan adalah menjaga berat badan yang sehat dengan menjaga pola makan sehat dan rencana olahraga yang Anda jalankan secara disiplin. Sejatinya, dengan menjaga dua hal ini, Anda sudah bisa dikatakan sehat meskipun sedang memiliki diabetes. Kontrol gula darah adalah untuk mendukung dua hal tersebut agar Anda tidak berlebihan dalam makan maupun olahraga.

 

Sejatinya, tidak ada diet diabetes khusus yang harus Anda lakukan untuk bisa memiliki kadar gula normal. Yang penting adalah, Anda harus memusatkan diet dengan mengonsumsi buah, sayuran, protein tanpa lemak dan biji-bijian. Anda juga perlu memiliki rencana makan dengan menu makanan yang tinggi nutrisi dan serat namun rendah lemak dan kalori. Satu hal dalam makanan yang harus Anda ingat adalah dengan menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh, mengurangi makanan dengan karbohidrat tinggi dan permen. Dengan menjalani renana makan ini, sebenarnya sudah menjadi rencana makan terbaik untuk seluruh keluarga. Makanan manis tidak apa-apa sesekali, tetapi Anda harus mengetahui angka kandungan gizi pada makanan tersebut. Yang paling penting juga mengetahui angka karbohidrat dan gula yang akan dihasilkan setelah mengonsumsi makanan tersebut.

 

Namun, makan-makanan sehat juga bukan tanpa tantangan, karena setiap makanan memiliki kandungan gula, protein, karbohidrat dan sebagainya yang berbeda-beda. Jika Anda mengalami kesulitan untuk memahami angka nilai gizi pada makanan tersebut, berkonsultasilah pada ahli diet/dokter spesialis untuk berat badan, karena mereka dapat membantu Anda membuat rencana makan yang sesuai dengan tujuan kesehatan, preferensi makanan, dan gaya hidup Anda. Ini kemungkinan akan mencakup penghitungan karbohidrat, terutama jika Anda merupakan pasien diabetes tipe 1 atau menggunakan insulin sebagai bagian dari perawatan Anda.

 

Aktivitas fisik merupakan salah satu bagian dalam perawatan diabetes apa pun tipenya. Memiliki diabetes atau tidak, setiap orang membutuhkan latihan aerobik secara teratur untuk menjaga tubuhnya tetap sehat. Olahraga menurunkan kadar gula darah Anda dengan memindahkan gula ke dalam sel Anda, yang dikonversi menjadi energi. Olahraga juga meningkatkan sensitivitas Anda terhadap insulin, yang berarti tubuh Anda membutuhkan lebih sedikit insulin untuk mengangkut gula ke sel-sel Anda.

 

Minta dokter Anda untuk memberikan saran olahraga yang baik sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Kemudian pilih aktivitas yang Anda sukai, seperti berjalan kaki, berenang, atau bersepeda. Yang paling penting adalah menjadikan aktivitas fisik sebagai bagian dari rutinitas harian Anda. Tetapkan target olahraga setidaknya 30 menit atau lebih latihan aerobik setiap hari dalam seminggu, atau setidaknya 150 menit aktivitas fisik sedang seminggu. Serangkaian aktivitas bisa dilakukan setidaknya 10 menit, tiga kali sehari. Jika Anda sudah lama tidak berolahraga, mulailah perlahan dan tingkatkan secara bertahap. Ini juga merupakan ide yang baik untuk menghindari Anda bosan karena harus berolahraga untuk waktu yang lama dalam sekali duduk.