Return to site

Menyeimbangkan Karbohidrat Untuk Diet Diabetes & Menjaga Ginjal Sehat

November 27, 2020

Jika Anda menderita diabetes dan sedang menjalani diet untuk manajemen diabetes, beberapa diantara Anda mungkin menjalani program diet yang salah. Bahkan diet yang dilakukan ini pun dapat menimbulkan komplikasi pada ginjal. Karena diabetes adalah salah satu penyebab utama penyakit ginjal, jika penderita diabetes menjalani manajemen diabetes dengan cara yang tidak benar!

Salah satu tindakan yang perlu Anda lakukan dalam mengelola diabetes adalah menyeimbangkan karbohidrat Anda. Karbohidrat adalah zat yang terkandung pada makanan yang akan berubah menjadi gula saat tubuh mencernanya. Makanan berkarbohidrat apapun akan meningkatkan gula darah Anda. Karbohidrat kompleks meningkatkan gula lebih lambat (tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna dan menyerapnya), sedangkan karbohidrat sederhana dapat meningkatkan kadar gula dengan lebih cepat.

Begitu pula dengan makanan yang bersumber dari gula atau memiliki kandungan gula tinggi seperti permen dan cokelat, dan banyak contoh makanan lain yang mengandung karbohidrat, seperti produk susu, roti, sereal, buah, dan beberapa sayuran (jagung dan kentang). Setiap orang membutuhkan beberapa karbohidrat, karena gula yang mereka berikan membantu menggerakkan banyak fungsi tubuh. Jika Anda menderita diabetes, tubuh Anda tidak dapat memproses karbohidrat dalam jumlah besar sekaligus. Ketika Anda menderita diabetes dan makan terlalu banyak karbohidrat pada satu waktu, gula yang tidak diproses tetap berada di dalam darah Anda dan tidak dapat dicerna sebagai mana mestinya. Hal ini pun dapat menyebabkan masalah dan merusak organ di seluruh tubuh Anda termasuk ginjal, mata, kaki, dan tangan.

Mengontrol porsi karbohidrat adalah kunci untuk Anda! Dengan kontrol porsi yang tepat, Anda dapat menikmati berbagai macam makanan, namun tetap menjaga proses diet dengan baik dan tidak mengorbankan ginjal, tubuh Anda sehat, dan kadar gula darah Anda terkendali.

Saat Anda mencoba menghitung karbohidrat, ingatlah bahwa satu potong roti atau ½ cangkir pasta dihitung sebagai satu porsi karbohidrat. Umumnya, orang membutuhkan 3-4 porsi karbohidrat saat makan dan 1-2 porsi untuk camilan. Dengan memperhatikan porsi ini Anda dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda dalam menjalani kehidupan meskipun Anda harus membawa diabetes kemana pun Anda pergi. Ingat, bukan hanya Anda yang memiliki diabetes, namun banyak dari mereka yang bisa menjalani kehidupan sehari-hari seperti tanpa memiliki penyakit. Anda juga bisa seperti mereka yang terlihat sehat dengan melakukan tindakan yang tepat serta menjaga diri saat mengkonsumsi makanan berkarbohidrat dan memiliki kadar gula tinggi.

Ilustrasi (c) Unsplash.com