Return to site

Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat Kimia

March 31, 2021

Menurunkan kadar gula darah yang Anda miliki tidak harus selalu dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan. Selama kadar gula darah Anda masih dapat dikontrol atau diabetes yang Anda alami masih belum parah, Anda dapat melakukan metode alami untuk menurunkan kadar gula darah yang Anda miliki. Apa saja yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan kadar gula darah dengan alami? Berikut daftarnya untuk Anda:

1. Mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah

Sebagai seorang pasien diabetes, sudah seharusnya bagi Anda untuk mempelajari jenis-jenis makanan dan kandungan gizi di dalamnya. Apakah makanan ini mengandung karbohidrat tinggi, mengandung protein tinggi, lemak dan sebagainya. Jika Anda ingin menurunkan kadar gula darah secara alami atau tanpa mengonsumsi obat kimia, Anda dapat memulainya dengan mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah. Contoh makanan ini adalah oat, kacang-kacangan dan berbagai sayuran.

2. Menurunkan tingkat stress yang Anda alami

Jika Anda kesulitan dalam berusaha mengontrol kadar gula darah, meskipun sudah mengonsumsi makanan dengan tingkat karbohidrat rendah, indeks glikemik rendah dan sebagainya namun belum berhasil, mungkin masalah yang terjadi karena Anda sedang stress. Stress merupakan pemicu meningkatnya kadar gula darah yang jarang disadari oleh pasien diabetes. Selalu berusaha untuk tidak stress akan membantu menurunkan kadar gula darah Anda.

3. Memantau kadar gula darah

Anda harus selalu memantau kadar gula darah yang Anda miliki. Anda perlu melakukan pengecekan secara berkala, sebelum/sesudah makan, sebelum tidur dan bangun tidur, setelah beraktivitas. Catat dan temukan kesamaan pola yang Anda dapatkan atau berapa persen perubahan yang terjadi. Dengan demikian, Anda akan lebih memahami kapan Anda harus menambah konsumsi gula atau mengurangi gula lebih banyak.

4. Menjaga berat badan

Berat badan juga dapat menjadi salah satu alasan Anda mengalami kenaikan gula darah. Hal ini terjadi karena pola makan yang tidak seimbang yang kita lakukan. Jika Anda tidak menjaga pola makan dan selalu melakukan hal yang sama setiap hari, maka kadar gula darah Anda akan meningkat dan diikuti dengan kenaikan berat badan.