Return to site

Menjalani Pengobatan Diabetes, Perhatikan Hal Ini!

July 11, 2022

Dalam proses pengobatan diabetes, seorang pasien diabetes harus sadar bahwa dirinya memiliki jenis penyakit yang sampai saat ini masih belum bisa disembuhkan 100%. Ajukan pertanyaan spesifik dan terbuka kepada dokter atau perawat mengenai apa yang Anda rasakan saat ini. Pertanyaan terbuka ini akan membantu perawat Anda dapat memperoleh informasi yang dapat membantu mendeteksi masalah serta menyesuaikan pengobatan. Diskusi semacam itu dapat mengidentifikasi kekuatan individu dan strategi pemecahan masalah yang telah membantu pasien berhasil menghadapi tantangan sebelumnya.

Karena, perawat kesehatan Anda juga perlu mengidentifikasi, untuk kemungkinan rujukan, profesional kesehatan mental yang memiliki pengetahuan tentang diabetes dan yang dapat bertindak sebagai kolaborator dalam merawat pasien

Anda juga perlu melakukan hal-hal berikut dalam proses pengobatan diabetes:

1. Anda perlu mengajak orang-orang terdekat Anda jika Anda baru saja didiagnosis diabetes. Evaluasi psikososial tunggal dari keluarga mungkin penting untuk keseluruhan proses manajemen diabetes.

2. Pasien yang dalam satu tahun telah mengalami dua atau lebih episode hipoglikemia berat atau ketoasidosis diabetik tanpa penyebab yang jelas.

3. Selalu memeriksakan psikologi Anda kepada ahli psikologi untuk memastikan bahwa Anda tidak stress dengan kondisi yang Anda alami saat ini.

Ingatlah bahwa diabetes adalah penyakit kronis. Sekalipun kegiatan pengobatan gagal membawa perubahan dalam waktu singkat, tetap terlibat dengan perawat kesehatan dan keluarga dan selalu membawa diri pada suasana yang menerima dapat meningkatkan motivasi untuk perubahan.

Informasi medis dan psikososial perlu Anda ikuti untuk Anda jadikan terapi manajemen diabetes yang Anda miliki. Anda juga dapat bergabung dengan forum untuk mendiskusikan masalah pribadi. Sesi ini dapat dipimpin oleh profesional perawatan kesehatan, termasuk dokter, perawat, dan ahli diet, dan dapat bertemu beberapa kali dalam setahun. Organisasi diabetes lokal mungkin mensponsori atau mengetahui kelompok tersebut.

Prinsip Pendidikan Untuk Pasien Diabetes:

  1. Pasien harus mengetahui tentang masalah yang menyertai diabetes, seperti tentang masalah yang dihadapi dalam menerima penyakit dan beradaptasi dengannya, dan tentang dampak diabetes terhadap fungsi emosional dan sosial.
  2. Melibatkan keluarga dalam sesi pengobatan dan pendidikan agar pasien diabetes tidak hanya mengerti sendirian, namun juga disertai oleh kerluarganya.
  3. Dorong keluarga untuk membantu anak kecil dan remaja mereka yang mengalami masalah dalam mengendalikan diabetes.
  4. Dorong keluarga untuk memberi tanggung jawab yang lebih besar atas diabetes mereka - tetapi tidak memaksa mereka untuk mengambil langkah-langkah yang dibutuhkan untuk pencegahan maupun pengobatan diabetes.