Return to site

Mengontrol Kadar Gula dan Tetap Sehat

August 31, 2022

Khawatir dengan kadar gula darah Anda yang berfluktuasi? Anda tidak perlu berlebihan untuk khawatir dengan kondisi ini, namun yang harus Anda khawatirkan adalah Anda tidak dapat melakukan manajemen yang benar. Karena manajemen kadar gula yang baik, akan menjaga kadar gula darah Anda tetap berada pada posisi seperti orang normal. Berikut adalah beberapa cara untuk dapat mengontrol kadar gula dan tetap sehat bahkan dengan kondisi diabetes.

 

1. Makan dengan benar dan berolahraga secara teratur

Pilihan makanan sangat penting ketika Anda memiliki diabetes. Makan makanan dan camilan pada waktu yang konsisten membantu menjaga kadar glukosa darah Anda dalam kisaran target. Sertakan makanan indeks Glikemik (GI) rendah seperti gandum, beras merah, oat, dan sebagainya. Hindari produk sereal olahan seperti roti, mie, nasi putih, dan lain-lain yang memiliki komposisi serupa, karena dapat meningkatkan kadar gula darah. Melakukan olahraga fisik secara teratur sama pentingnya untuk menjaga kadar gula darah tetap normal. Tetapi periksa kadar gula darah Anda sebelum dan sesudah berolahraga dan hindari berolahraga jika kadar gula darah Anda terlalu tinggi atau terlalu rendah.

 

2. Kendalikan kadar kolesterol Anda

Diabetes cenderung menurunkan kadar kolesterol "baik" dan meningkatkan kadar trigliserida dan kolesterol "jahat", yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Kolesterol tinggi juga menyebabkan komplikasi umum diabetes yang dikenal sebagai dislipidemia diabetik yang dapat menyebabkan penyumbatan arteri dan komplikasi koroner. Idealnya, jauhi diet tinggi lemak jenuh dan lemak trans seperti makanan cepat saji, seperti burger, pizza, gorengan karena ini meningkatkan kolesterol LDL Anda.

 

3. Periksa kadar gula darah Anda secara teratur

Bagi pasien diabetes, kadar gula darah yang menunjukkan apakah ia memiliki kadar gula darah tinggi (hiperglikemia) atau kadar gula darah rendah (hipoglikemia) dalam darah. Keduanya sangat berbahaya. Cara terbaik untuk memeriksa kadar gula darah Anda secara berkala adalah dengan memiliki glukometer. Periksakan HbA1C Anda dua kali setahun. HbA1C (Hemoglobin A1C) adalah tes darah sederhana yang mengukur seberapa baik pengelolaan diabetes Anda dari waktu ke waktu. Ini bertujuan untuk mengukur kadar gula darah rata-rata Anda dan untuk melihat apakah kadar gula darah Anda tetap dalam kisaran yang diperlukan/sesuai kebutuhan tubuh Anda atau tidak. Sangat penting untuk melakukan tes ini dua kali setahun atau sekali dalam tiga bulan tergantung pada seberapa baik Anda mengendalikan diabetes.

 

4. Teratur dengan obat Anda

Teratur mengonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter pada jumlah dan jadwal yang direkomendasikan sangat penting untuk mencapai kontrol diabetes yang baik. Obat yang terlewat dapat meningkatkan risiko Anda mengelami beberapa komplikasi kesehatan terkait diabetes.

 

5. Tambahkan makanan khusus diabetes jika diperlukan

Seiring dengan modifikasi gaya hidup dan olahraga teratur, disarankan untuk menambahkan makanan khusus diabetes ke dalam rencana diet Anda. Carilah makanan yang dirancang dengan bahan-bahan khusus seperti karbohidrat kompleks, vitamin dan anti-oksidan, untuk membantu mengelola pelepasan glukosa secara stabil. Idealnya, makanan ini harus disertakan dalam sarapan, makan siang, atau makan malam Anda sebagai pengganti makanan sebagian di salah satu makanan Anda yang dimodifikasi. Ini membantu untuk menjaga glukosa darah dan berat badan di bawah kontrol.