Return to site

Mengenal Perbedaan Serta Penyebab Diabetes Tipe 1 & Tipe 2

June 17, 2020

Pada artikel kami sebelumnya, kami telah memberikan informasi mengenai jenis diabetes untuk Anda. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan penjelasan yang lebih mendalam tentang Diabetes Tipe 1 (T1D) dan Diabetes Tipe 2 (T2D).  Sebelumnya, perlu Anda ketahui pula bahwa, banyak orang yang menganggap bahwa penyakit diabetes ini merupakan penyakit yang hanya akan menyerang orang tua. Namun, seperti pada artikel sebelumnya, bahwa penyakit diabetes juga dapat ditemukan pada seseorang yang masih berusia remaja bahkan juga bisa terjadi pada anak-anak. Inilah yang kemudian membuat anggapan tersebut perlu dikoreksi. Di mana setiap gejala dari diabetes tipe 1 dan tipe 2 memiliki perbedaan.

Perbedaan mendasar antara diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2

Tahukah Anda, ada perbedaan yang sangat mencolok yang akan Anda temukan antara diabetes T1D dan T2D ini. Diabetes tipe 1 merupakan penyakit autoimun atau penyakit yang mempengaruhi kekebalan tubuh untuk menyerang tubuh. Sedangkan untuk diabetes tipe 2 merupakan penyakit yang muncul karena berbagai macam faktor seperti usia, pola makan yang tidak sehat dan lain sebagainya. Anda sudah mengenal perbedaan dari T1D dan T2D, selanjutnya, Anda perlu mengenali apa penyebab dari munculnya diabetes pada tubuh Anda.

1. Mengetahui penyebab diabetes tipe 1

Seperti yang kami sebutkan, penyakit diabetes tipe 1 ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh autoimun. Hal ini terjadi karena adanya kerusakan pada pankreas yang mengakibatkan serangan terhadap antibody/kekebalan yang ada pada tubuh. Dari kerusakan ini kemudian membuat pankreas gagal meghasilkan insulin. Dikarenakan insulin merupakan hormon yang mengatur kadar gula darah dalam tubuh, maka gula yang masuk ke dalam tubuh kita ini tidak dapat diolah menjadi energi. Gula yang tidak dapat diolah tersebut lah yang kemudian mengalami penumpukan dalam darah dan menyebabkan kadar gula dalam tubuh mengalami peningkatan dan kemudian menjadi penyakit yang lebih serius yaitu T1D.

Diabetes tipe 1 merupakan penyakit yang gejala-gejalanya sudah dapat dilihat atau mulai muncul ketika masih berusia anak-anak dan bisa juga baru muncul saat sudah berusia remaja. Yang perlu Anda perhatikan pula, T1D merupakan penyakit yang dapat muncul dan bertambah secara tiba-tiba yang disebabkan oleh beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko tersebut, seperti:

  • Faktor keluarga yang mengidap penyakit serupa
  • Lahir dengan kondisi genetik tubuh yang tidak sempurna terutama yang mengganggu produksi insulin di dalam tubuh
  • Kondisi hemokromatosis (tingginya kadar zat besi dalam tubuh) atau fiboris kistik (kelainan lahir dan dapat menyebabkan lendir-lendir kental dan lengket, kelainan ini dapat terjadi karena faktor keturunan)
  • Infeksi yang disebabkan oleh virus seperti rubella
     

2. Mengetahui penyebab diabetes tipe 2

Pada penyakit diabetes tipe 2 ini, pankreas masih dapat memproduksi insulin akan tetapi, sel-sel dalam tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan baik sesuai dengan kebutuhan tubuh secara normal. Kondisi yang terjadi secara terus menerus kemudian membuat pankreas tidak dapat lagi memproduksi insulin yang cukup bagi tubuh. Kadar inisulin yang rendah ini pun membuat tubuh gagal megolah gula darah secara maksimal yang kemudian mengalami penumpukan. Tidak seperti yang terjadi pada T1D, diabetes jenis ini tidaklah muncul secara tiba-tiba, namun disebabkan oleh beberapa kondisi yang membuat penyakit ini muncul di dalam tubuh Anda, seperti:

  • Memiliki anggota keluarga yang didiagnosis menderita diabetes tipe 2
  • Berat badan berlebihan
  • Merokok
  • Pola makan yang tidak sehat
  • Minim olahraga
  • Penggunaan obat-obatan tertentu yang dapat memicu seperti obat antikejang dan juga beberapa jenis obat untuk HIV

Ilustrasi (c) wallpaperflare.com