Return to site

Mengenal Hal-Hal Yang Dapat Memaksimalkan Pengobatan Diabetes Tipe 2

August 11, 2020

Pada saat Anda menjalani proses pengobatan untuk penyembuhan penyakit diabetes tipe 2, tentunya ada langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menjamin hasil yang maksimal dalam proses pengobatan tersebut. Apa artinya pengobatan yang Anda lakukan jika pada akhirnya Anda tidak disiplin atau enggan melakukan hal-hal yang memaksimalkan pengobatan. Pada kesempatan kali ini, kami akan memperkenalkan beberapa hal yang dapat menjadikan proses pengobatan terhadap penyakit diabetes yang Anda derita dapat diobati secara maksimal.

1. Menjaga pola makan dari penderita diabetes

Dikarenakan makanan adalah hal yang wajib untuk dilakukan agar dapat memiliki energi setiap hari, maka usaha maksimal pertama yang harus dilakukan oleh penderita diabetes adalah dengan menjaga pola makan. Anda tidak harus mengikuti saran makan 3x sehari jika memang tidak memungkinkan. Namun, Anda dapat mengubah pola makan lebih dari 3x sehari namun dengan porsi yang lebih sedikit serta memperhatikan Indeks Glikemik (GI) pada makanan yang Anda konsumsi tersebut. Hindari makanan yang sudah pasti memiliki kadar GI tinggi, karena disiplin dalam mengkonsumsi makanan merupakan bagian utama dan yang paling penting yang tidak bisa Anda tolerir lagi.

2. Melakukan latihan jasmani dengan olahraga atau aktivitas yang membuat tubuh lebih aktif bergerak

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan sebagai penderita diabetes. Jangan sampai karena Anda menjadi pasien diabetes tipe 2, Anda pun bermalas-malasan dan juga tidak memiliki optimisme untuk menjaga kesehatan. Jangan pantang menyerah, selalu ada obat dari semua penyakit meskipun dengan cara penyembuhan yang berbeda-beda hasilnya. Maka dari itu, jangan putus asa hingga membuat Anda bermalas-malasan. Bawalah diri Anda untuk beraktivitas dengan lebih banyak bergerak seperti dengan jogging, berenang dan lain sebagainya. Konsultasikan kepada dokter Anda jika ingin melakukan olahraga dan latihan jasmani. Karena setiap orang memiliki daya tahan tubuh berbeda, konsultasi dengan ahli fisik dan kesehatan akan membantu Anda melakukan aktivitas yang tepat tanpa membahayakan diri Anda.

3. Terapi dengan obat

Anda juga perlu melakukan usaha dengan mengkonsumsi obat diabetes yang disarankan oleh dokter Anda. Selain mengkonsumsi obat yang sifatnya kimia, Anda juga dapat mengkonsumsi obat diabetes herbal. Namun, jangan asal membeli produk obat diabetes herbal, karena ada banyak obat diabetes herbal palsu di pasaran. Pastikan Anda mengkonsumsi obat herbal diabetes yang memiliki izin resmi BPOM dan juga merupakan obat yang terbuat dari bahan 100% herbal. Khusus untuk obat yang disarankan oleh dokter, maka Anda juga harus mengikuti dosis yang disarankan.

4. Edukasi diabetes

Tak kenal maka tak sayang, itu kata pepatah yang mungkin sifatnya berbeda dengan proses penyembuhan. Dalam dunia medis, mengenal suatu penyakit akan memudahkan tenaga medis untuk menyembuhkan. Maka dari itu, Anda sebagai penderita diabetes haruslah mengenali penyakit yang Anda derita. Hal ini untuk memudahkan Anda dalam menjalani proses pengobatan untuk mencapai hasil yang maksimal. Edukasi juga akan membantu Anda mencegah penyakit komplikasi yang disebabkan oleh diabetes.

Ilustrasi (c) Unsplash.com