Return to site

Mengenal Gejala/Tanda Pankreas Anda Bermasalah

July 29, 2020

Kemarin kami sudah memberikan artikel mengenai jenis penyakit berbahaya yang disebabkan oleh pankreas yang tidak sehat. Untuk menambah wawasan dan kesadaran Anda terhadap kesehatan pankreas, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan artikel tentang tanda-tanda atau gejala yang bisa Anda kenali apabila Anda memiliki masalah dengan pankreas. Sebelum melanjutkan, perlu Anda ketahui bahwa pada umumnya masalah pada pankreas merupakan masalah yang tidak disadari oleh seseorang. Bahkan sebagian dari mereka menganggap bahwa gejala yang sebenarmya dapat mengindikasikan masalah pada pankreas justru dianggap sebagai masalah biasa. Padahal, jika mereka sadar akan bahaya yang mengancam, masalah serius pada pankreas dapat menimbulkan kematian pada penderita. Lalu, apa saja gejala-gejala yang perlu Anda ketahui bahwa ada masalah pada pankreas, berikut daftarnya untuk Anda:

1. Gula darah mengalami kenaikan

Anda mungkin tidak didiagnosis memiliki diabetes sebelumnya atau bahkan tidak ada riwayat keluarga yang terkena diabetes. Namun, ketika Anda memeriksakan kesehatan Anda, ada indikasi bahwa gula darah dalam tubuh Anda meningkat. Itu mengartikan bahwa Anda sedang mengalami masalah pada pankreas Anda. Jika hal ini tidak segera Anda tangani, maka ancaman kesehatan serius yang akan Anda alami adalah terkena diabetes baik diabetes tipe 1 maupun diabetes tipe 2.

2. Mengalami penurunan berat badan yang tidak wajar

Bagi Anda yang sedang diet ini sering terjebak dengan anggapan bahwa diet yang mereka lakukan sudah berhasil. Namun, sebelum Anda bersenang hati, waspadalah dengan penurunan berat badan yang terlalu cepat atau tidak wajar. Ketika Anda mengalami hal tersebut, bisa jadi ini disebabkan oleh adanya masalah pada pankreas. Jadi, bagi siapa pun Anda yang sedang diet atau yang tidak, mengalami penurunan berat badan yang tidak wajar, segera periksakan kesehatan Anda.

3. Perubahan warna yang lebih terang pada BAB dan terlalu cair

Selain memproduksi insulin, fungsi pankreas lainnya adalah untuk memproduksi enzim, di mana enzim ini akan membantu tubuh Anda mencerna lemak dan menyerap vitamin. Apabila produksi enzim terganggu maka saat Anda BAB akan melihat adanya perubahan warna. Warna pada BAB yang dapat menjadi tanda ada masalah pada pankreas adalah ketika warna BAB Anda menjadi lebih terang atau pucat dan juga lebih cair.

4. Mengalami mual dan muntah saat mengkonsumsi makanan berlemak atau nyeri pada perut

Apabila Anda mengalami mual dan muntah saat atau setelah mengkonsumsi makanan yang berlemak bisa jadi ini menandakan bahwa ada masalah pada pankreas Anda. Selain merasakan mual dan muntah, nyeri pada perut juga menjadi tanda lain. Maka dari itu, jangan pernah mengabaikan hal ini ketika terjadi pada Anda. Selalu wasapada dan memeriksakan keadaan sedini mungkin akan menjadi langkah tepat yang bisa menyelamatkan Anda.

Ilustrasi (c) Webmd.com