Return to site

Mengelola Kadar Gula Darah

November 30, 2021

Manajemen gula darah dan target yang harus dicapai memiliki keunikan untuk setiap orang. Bagi mereka yang tidak memiliki diabetes, gula darah biasanya <100mg/dl. Sedangkan bagi pasien diabetes, kisaran target yang direkomendasikan kebanyakan orang adalah sekitar 70-180 mg/dL. Ketika gula darah berada di luar kisaran target, tubuh berisiko mengalami komplikasi jangka pendek dan jangka panjang seperti penyakit mata terkait diabetes, penyakit ginjal, atau kerusakan saraf. Dengan mengelola gula darah, Anda dapat membantu menghindari gejala kecil dan besar, membuat hidup Anda lebih nyaman, dan dalam beberapa keadaan, menyelamatkan hidup Anda.

Catat baik-baik hasil test gula darah Anda

Seiring waktu, sedikit demi sedikit, kontrol gula darah Anda mungkin berubah dengan cara yang tidak dapat Anda lihat hanya dalam satu atau dua hari setelah memeriksanya. Dengan membuat buku harian untuk mencatat kadar gula darah, Anda dapat melihat pola dari waktu ke waktu yang dapat memberi tahu Anda dan tim perawatan diabetes Anda tentang perubahan pengobatan yang diperlukan untuk meningkatkan manajemen Anda.

Berikut adalah beberapa opsi pemantauan untuk dipertimbangkan:

  • Buku catatan diabetes: Salah satu cara paling populer untuk melacak kadar gula darah adalah dengan menggunakan buku kecil untuk mencatat gula darah, asupan makanan, insulin, dan aktivitas.
  • Aplikasi smartphone: Ada juga aplikasi yang dirancang untuk perangkat Android, iPhone dan tablet yang dapat membantu memantau dan menyimpan hasil test gula darah Anda dan melalui koneksi Bluetooth, dapat secara otomatis menyimpan pembacaan.

Tinjau catatan gula darah Anda secara teratur untuk mencari pola tertinggi / terendah

Menyimpan catatan yang baik adalah langkah pertama, tetapi bukan satu-satunya! Luangkan waktu untuk mencari pola dalam catatan Anda. Ingatlah bahwa semakin sering Anda memantau dan meninjau kadar gula Anda serta aktivitas fisik Anda, olahraga dan kebiasaan makan, semakin mudah bagi Anda untuk mempelajari apa yang menyebabkan pola dan masalah dalam manajemen gula darah Anda. Saat Anda lebih sadar tentang bagaimana makanan dan aktivitas tertentu memengaruhi gula darah Anda, Anda akan dapat merencanakan dan melakukan penyesuaian dengan lebih baik pada rutinitas Anda.

Kelola gula darah berdasarkan saran dokter Anda

Selain memeriksa kadar gula darah Anda sendiri di rumah atau menggunakan monitor glukosa berkelanjutan (CGM), dokter akan mengatur agar Anda menjalani tes darah khusus, yang dikenal sebagai hemoglobin A1c (HbA1c), setiap dua hingga tiga bulan. A1c akan memberikan informasi kepada dokter Anda tentang bagaimana proses diabetes yang Anda kelola selama ini dan merekomendasikan perubahan jika diperlukan. Saat Anda menguji kadar gula darah, Anda mengukur berapa banyak glukosa dalam aliran darah Anda pada saat pemantauan. HbA1c, di sisi lain, mengukur kontrol gula darah Anda secara keseluruhan selama tiga bulan sebelumnya. Menjaga A1c Anda pada tingkat target individu Anda (<7% pada kebanyakan orang dewasa) dapat membantu mengurangi risiko komplikasi terkait diabetes jangka panjang.