Return to site

Membedakan Ciri, Gejala & Perawatan Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2

June 22, 2020

Seperti yang sudah Anda baca pada artikel sebelumnya, bahwa penyebab dari diabetes tipe 1 (T1D) dan diabetes tipe 2 (T2D) berbeda. Dikarenakan keduanya berbeda, tentunya ciri-ciri dan gejala-gejalanya pun memiliki perbedaan. Ketika Anda sudah mengenali perbedaan dari tipe diabetes tersebut, maka Anda juga harus bisa mengambil langkah yang paling tepat dalam perawatan sesuai dengan tipe diabetes yang sudah ada/berpotensi tumbuh pada diri Anda.

Cara Membedakan Ciri-Ciri dan Gejala Diabetes Tipe 1 dan Diabetes Tipe 2

Perlu kami ingatkan kembali, bahwa pada saat Anda mengidap penyakit diabetes tipe 1 (T1D), penyakit ini muncul secara tiba-tiba yang disebabkan oleh gula darah yang tinggi. Sebaliknya, pada diabetes tipe 2 (T2D), penyakit ini tidak dapat diketahui hingga beberapa tahun. Bahkan, T2D ini dapat tumbuh dan berkembang di dalam tubuh Anda tanpa disadari. Hal ini pun dapat menjadikan Anda terlambat untuk melakukan penanganan atau tindakan yang lebih cepat. Namun, ada kesamaan pada masing-masing penyakit T1D & T2D, di mana gejala yang ditimbulkan meliputi:

  • Lebih sering membuang air kecil
  • Sering merasa haus meskipun sudah meminum banyak air
  • Mudah lapar
  • Lebih mudah lelah
  • Pandangan penderita mulai kabur
  • Apabila memiliki luka, penderita umumnya sulit untuk sembuh

Sementara itu, dari segi perbedaan yang signifikan terjadi pada penderita T1D yang lebih mudah marah atau perubahan hati yang tidak stabil. Sementara untuk kasus penderita T2D, mereka dapat memiliki beberapa gangguan pada saraf seperti kesemutan di tangan atau pada kaki dan juga kebas (bagian tubuh mati rasa atau menurunnya tingkat kepekaan tubuh).

Cara Membedakan Perawatan Diabates Tipe 1 dan Perawatan Diabetes Tipe 2

Dikarenakan diabetes ini memiliki tipe berbeda, tentu perawatannya pun berbeda. Yang perlu Anda garus bawahi bahwa penyakit T1D merupakan tipe penyakit diabetes yang tidak dapat dicegah. Akan tetapi, untuk diabetes T2D, Anda masih bisa mencegahnya dengan pola hidup sehat dan menghindari penyebab-penyebabnya. Untuk melengkapi pengetahuan Anda, berikut adalah beberapa cara untuk melakukan perawatan terhadap diabetes.

1. Perawatan diabetes tipe 1 (T1D)

  • Penyakit diabetes ini membutuhkan perawatan dengan cara memberikan insulin kepada penderita dengan metode suntikan. Dalam memberikan insulin ini pun harus dilakukan setiap hari dengan dosisi yang berbeda-beda tergantung dari kondisi pasien.
  • Konsumsi obat untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil
  • Mengubah gaya hidup dan motivasi dari dalam dirinya untuk tetap sehat dengan melakukan beberapa aktivitas berikut ini:
    • Memeriksa gula darah secara teratur
    • Mengatur menu makanan yang sehat dengan penjadwalan dan dijalankan secara disiplin
    • Olahraga dengan teratur untuk menjaga kesehatan

Perlu Anda ketahui, penderita diabetes tipe 1 (T1D) tetap memiliki harapan untuk hidup, akan tetapi ia juga harus mengikuti protokol kesehatan dengan disiplin dan konsisten serta selalu siap menerima obat insulin dan obat lainnya.

2. Cara perawatan untuk diabetes tipe 2 (T2D)

Berbeda dengan T1D, diabetes tipe 2 masih bisa Anda cegah. Anda juga harus selalu mengontrol diri Anda agar selalu bisa menjalankan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang serta berolahraga dengan teratur. Apa yang Anda lakukan haruslah yang dapat menjaga kestabilan gula darah di dalam tubuh Anda. Memeriksakan diri ke dokter adalah langkah wajib yang harus dilakukan untuk melakukan perawatan.

Dari perbedaan T1D dan T2D dalam perawatan dan pencegahan dengan pola hidup sehat, rajin memeriksa kondisi ke dokter dan olahraga teratur, Anda juga dapat mengkonsumsi obat herbal untuk diabetes seperti DMPhas. Obat herbal diabetes DMPhas ini merupakan obat yang terbuat dari bahan yang 100% alami. Karena, DMPhas dibuat dari ekstrak buncis dan pare yang terbukti berkhasiat untuk melawan diabetes. Informasi pembelian obat diabetes herbal DMPhas, silakan kunjugi halaman ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com