Return to site

Memahami Porsi Karbohidrat Untuk Tubuh Anda

August 30, 2022

Bagi seorang pasien diabetes, mengontrol gula darah berarti mengontrol karbohidrat yang dikonsumsi. Ketika pasien tidak memperhitungkan kandungan karbohidrat yang dikonsumsi, maka manajemen diabetes yang ia jalankan akan gagal. Untuk memudahkan Anda dalam menjaga karbohidrat, berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mulai menghitung karbohidrat.

 

1. Pelajari Cara Membaca Label Makanan

Label Fakta Gizi yang terdapat di sebagian besar makanan memberi tahu Anda berapa banyak karbohidrat dalam satu porsi. Ini berarti bahwa jika Anda mengonsumsi lebih dari ukuran porsi, Anda harus memperhitungkan karbohidrat tambahan. Misalnya, jika sekantong keripik berisi dua porsi per kantong, satu porsi sama dengan 15 gram karbohidrat. Jika Anda memakan seluruh kantong keripik, Anda telah mengonsumsi dua porsi itu, atau 30 gram karbohidrat. Anda tidak perlu khawatir untuk menambahkan kandungan serat dan gula karena sudah termasuk dalam total kandungan karbohidrat yang tertera pada label makanan.

 

2. Ukur Ukuran Penyajian

Saat Anda pertama kali mulai menghitung karbohidrat, penting untuk menghitung karbohidrat secara akurat di semua sumber makanan. Mengukur ukuran porsi meningkatkan akurasi dan membantu Anda menjadi terbiasa dengan ukuran porsi tersebut. Untuk beberapa makanan, Anda mungkin perlu menggunakan timbangan makanan untuk pengukuran yang akurat.

 

3. Buat Buku Harian Makanan

Untuk membuatnya lebih mudah agar tetap menyadari asupan karbohidrat Anda, cobalah membuat buku harian makanan. Ini adalah alat yang hebat untuk membantu Anda melacak asupan karbohidrat Anda. Ini juga dapat membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang pola makan Anda dan membantu Anda mengidentifikasi makanan yang berdampak negatif pada kadar glukosa darah Anda. Beberapa orang memilih buku harian makanan pena dan kertas, sementara yang lain merasa lebih mudah menggunakan aplikasi atau membuat catatan di ponsel mereka.

 

4. Berkonsultasi dengan Ahli Diet

Jika Anda ingin mulai menghitung karbohidrat tetapi tidak yakin apakah itu tepat untuk Anda, pertimbangkan untuk bertemu dengan ahli diet terdaftar. Ahli diet dapat menjawab pertanyaan apa pun yang Anda miliki dan bekerja sama dengan Anda untuk mengembangkan rencana makan berdasarkan preferensi makanan, anggaran, dan kebutuhan karbohidrat individu.