Return to site

Masalah-Masalah Yang Timbul Pada Mata Saat Mengalami Diabetes

May 4, 2023

Tahukah Anda bahwa penglihatan kabur adalah salah satu tanda peringatan pertama diabetes? Ya, Anda mendengarnya dengan benar, kadar gula darah dan kesehatan mata Anda terkait. Kami juga telah memberikan beberapa jenis penyakit mata bagi pasien diabetes, pada artikel sebelumnya.

Diabetes telah menjadi penyakit yang semakin tinggi selama beberapa dekade terakhir dan bagian yang disayangkan adalah bahwa ia membawa komplikasi beberapa masalah medis yang mengikutinya. Untuk beberapa orang dengan komplikasi mata, orang dengan kadar glukosa darah tinggi sering merasa sulit untuk melihat detail halus dari suatu objek. Terkadang, orang tidak dapat membedakan antara warna yang berbeda dengan warna yang sama.

 

Komplikasi terkait penglihatan sering terjadi pada pasien diabetes. Sekitar 25% orang dengan diabetes tipe-1 dan tipe-2 mengalami komplikasi mata yang berhubungan dengan kadar glukosa darah yang tinggi. Kadar glukosa darah yang tidak terkontrol dapat merusak pembuluh darah yang memasok ke jaringan peka cahaya yang ada di bagian belakang mata di retina, inilah mengapa sangat penting bagi pasien diabetes untuk mengontrol kadar glukosa darah mereka.

 

Memahami mata diabetes

Mata diabetes adalah istilah kolektif yang diberikan kepada sekelompok kondisi mata yang biasanya memengaruhi orang yang memiliki kadar glukosa darah tinggi untuk waktu yang lama. Biasanya, pasien diabetes mengalami retinopati diabetik. Kondisi lain yang berkembang akibat komplikasi retinopati diabetik adalah edema makula diabetik, katarak, dan glaukoma. Edema makula diabetik dan retinopati diabetik merupakan penyebab utama kebutaan pada pasien diabetes.

 

Umumnya, orang yang mengalami komplikasi mata terkait diabetes akan mengalami gejala ringan. Namun, beberapa tidak menunjukkan tanda-tanda atau gejala tersebut. Dengan tidak adanya gejala bukan berarti bahwa mereka tidak dapat mengembangkan komplikasi yang berhubungan dengan mata diabetes. Orang yang memiliki mata diabetes mungkin mengalami gejala berikut:

  • Penglihatan kabur
  • Kesulitan dalam memahami nuansa berbeda dengan warna yang sama
  • Benang-benang gelap atau bintik-bintik mengambang dalam penglihatan
  • Harus melihat lebih fokus untuk melihat hal-hal di ruang remang-remang.