Return to site

Masalah-Masalah Pada Otot Pasien Diabetes

May 27, 2021

Banyak orang yang mengira bahwa seorang pasien diabetes tidak berhubungan dengan masalah-masalah otot. Namun, kenyataannya, masalah kondisi otot yang dapat menyerang siapa saja ini akan lebih tinggi bagi pasien diabetes. Berikut adalah risiko yang masalah otot yang dapat dialami oleh pasien diabetes.

1. Mobilitas sendi terbatas

Mobilitas sendi yang terbatas (juga dikenal sebagai diabetes cheiroarthropathy) menyebabkan sendi kehilangan kelenturan normalnya. Meskipun paling umum di tangan, hal ini juga dapat mempengaruhi pergelangan tangan, siku, bahu, lutut, pergelangan kaki, leher dan punggung bawah, dan berhubungan dengan komplikasi mikrovaskular diabetes - nefropati (penyakit ginjal) dan retinopati (penyakit mata).

2. Mobilitas bahu yang terbatas

Bahu terasa membeku dan menyebabkan nyeri, kaku, dan mobilitas terbatas di bahu. Ini lebih sering terjadi pada orang yang telah lama menderita diabetes, berusia lebih tua, pernah mengalami serangan jantung atau yang memiliki komplikasi mikrovaskular diabetes (retinopati dan nefropati). Masalah ini diobati dengan obat penghilang rasa sakit, suntikan steroid, fisioterapi dan, dalam beberapa kasus, pembedahan.

3. Kontraktur Dupuytren

Kontraktur Dupuytren (adalah suatu kondisi penebalan yang terjadi secara bertahap dan pengetatan jaringan di bawah kulit di tangan) menyebabkan kontraksi jari (terutama jari manis dan kelingking) ke arah telapak tangan sehingga tidak dapat diluruskan. Ini paling sering terjadi pada orang yang sudah lama menderita diabetes, berusia lebih tua atau memiliki komplikasi diabetes mikrovaskular.

4. Radang sendi

Jari pelatuk (juga dikenal sebagai tenosinovitis stenosis) adalah kondisi nyeri yang memengaruhi tendon di tangan. Saat jari atau ibu jari ditekuk ke arah telapak tangan, tendon macet dan jari berbunyi klik atau terkunci. Ini paling umum terjadi pada jari manis. Ini lebih sering terjadi pada orang yang sudah lama menderita diabetes, berusia lebih tua, atau yang menderita retinopati atau nefropati. Ini diobati dengan suntikan steroid, membebat jari atau dalam beberapa kasus, pembedahan.

5. Sindrom lorong karpal

Gejala sindrom lorong karpal atau carpal tunnel syndrome termasuk nyeri, mati rasa atau kesemutan di tangan dan pergelangan tangan, terutama ibu jari, telunjuk dan jari tengah. Rasa sakit (sering digambarkan sebagai kesemutan atau sensasi panas terbakar) seringkali lebih buruk di malam hari. Perwatan untuk masalah ini adalah dengan membebat pergelangan tangan, suntikan steroid dan dalam beberapa kasus, pembedahan.

6. Masalah kesehatan gigi

Masalah gigi lebih sering terjadi pada pasien diabetes. Diperkirakan orang dengan diabetes tipe 2 tiga kali lebih mungkin mengalami masalah gigi dibandingkan orang tanpa diabetes dan risikonya juga meningkat pada pasien tipe 1. Masalah mulut dapat terjadi pada pasien diabetes karena sejumlah alasan berbeda, itulah mengapa sangat penting untuk mengunjungi dokter gigi secara rutin dan memberi tahu mereka tentang diabetes yang Anda miliki.

Ilustrasi (c) foxintegratedhealthcare.com