Return to site

Manfaat Karbohidrat Kompleks Untuk Tubuh Anda

April 21, 2022

Karbohidrat kompleks adalah jenis karbohidrat yang sangat disarankan untuk mengontrol gula darah khusunya untuk pasien diabetes. Meskipun demikian, Anda yang tidak memiliki diabetes pun sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks ini. Jika Anda sedang diet, karbohidrat kompleks ini akan sangat membantu proses diet Anda. Pada artikel ini, kami akan menginformasikan mengenai manfaat karbohidrat kompleks untuk tubuh Anda.

1. Mencegah kenaikan gula darah

Karbohdirat kompleks merupakan jenis karbohidrat yang tidak mudah dipecah untuk menjadi gula. Oleh karena itu, ketika Anda mengonsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks, gula darah Anda tidak mengalami kenaikan dengan cepat seperti yang terjadi ketika Anda mengonsumsi karbohidrat sederhana.

2. Membantu perkembangan bakteri baik dalam usus

Bakteri baik memiliki peran penting untuk menjaga sistem pencernaan Anda tetap optimal. Selain itu, bakteri baik juga akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Di masa pandemi seperti saat ini, kekebalan tubuh sangat penting untuk menjaga Anda tetap sehat. Terlebih jika Anda memiliki diabetes, menjaga kekebalan tubuh akan bermanfaat ganda, untuk mencegah komorbid pada COVID-19.

3. Peran menjaga gula darah dan manajemen diet

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, bahwa karbohidrat kompleks akan membantu mencegah kenaikan gula darah secara signifikan. Artinya, dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks, proses manajemen gula darah Anda akan tetap terjaga dengan baik. Selain itu, gula sangat identik dengan kegemukan, jika gula darah Anda tidak cepat naik, maka proses diet Anda pun akan lebih mudah untuk dijalankan tanpa harus banyak berpuasa tidak sehat atau menekan keinginan untuk makan agar tidak gemuk.

4. Kandungan serat

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks umumnya juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Maka dari itu, Anda yang menjalani diet akan merasa kenyang lebih lama, karena proses pencernaan yang lebih lambat dibandingkan dengan karbohidrat sederhana. Sedangkan bagi pasien diabetes, tidak sering makan tentunya akan menjaga stabilitas gula darah dalam tubuh.

5. Menjaga kadar insulin tetap terkendali

Insulin adalah hormon penting untuk manusia agar tidak kelebihan gula darah. Karena insulin merupakan hormon yang dapat mengubah gula darah menjadi energi. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, Anda telah membantu tubuh Anda untuk menjaga insulin tetap dalam kontrol yang baik.