Return to site

Manajemen Kesehatan Jangka Panjang Untuk Pasien Diabetes

January 7, 2022

Jika Anda menderita diabetes tipe 2, tujuan langsung Anda adalah untuk menjaga kadar gula darah Anda tetap terkendali melalui diet, olahraga, dan, jika perlu, obat-obatan. Setelah Anda menyelesaikannya, inilah saatnya untuk memikirkan tujuan jangka panjang untuk membantu Anda tetap sehat dan mencegah komplikasi diabetes.

1. Kelola kolesterol Anda

Tubuh Anda membutuhkan kolesterol untuk melakukan banyak fungsi, dan hati Anda membuat semua yang dibutuhkannya. Orang dengan diabetes cenderung memiliki kadar kolesterol "jahat" (LDL) dan trigliserida yang lebih tinggi dan kadar kolesterol "baik" (HDL) yang lebih rendah. Makan makanan tinggi lemak jenuh dan trans dapat meningkatkan produksi kolesterol jahat pada tubuh Anda. Kadar gula darah tinggi dan peningkatan asupan gula sederhana dapat meningkatkan kadar trigliserida, seperti halnya asupan alkohol yang tinggi secara kronis. Merokok dapat menurunkan kadar HDL.

Jika Anda belum pernah memeriksakan kadar kolesterol Anda, mintalah dokter Anda untuk memesan profil lipid. Jika Anda tahu kadar Anda tinggi, bicarakan dengan dokter Anda tentang mengonsumsi statin penurun kolesterol. Tetapkan tujuan jangka panjang untuk menurunkan kadar Anda dengan makan makanan yang sehat untuk jantung dan berolahraga secara teratur. Setelah nomor Anda stabil, mintalah diperiksa setidaknya setahun sekali.

2. Berhenti merokok

Merokok buruk bagi semua orang, tetapi terlebih lagi bagi pasien diabetes. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), merokok dapat meningkatkan risiko Anda terkena diabetes tipe 2. Ini juga membuatnya lebih sulit untuk mengontrol kondisi dan kemungkinan besar Anda akan mengalami komplikasi seperti aliran darah yang buruk, penyakit jantung, dan masalah mata. Jika Anda merokok, tetapkan tujuan jangka panjang untuk berhenti. Bicaralah dengan dokter Anda tentang program berhenti merokok. Mungkin perlu waktu untuk menghentikan kebiasaan itu, tetapi Anda akan segera menuai manfaat.

3. Jaga kesehatan mata Anda

Diabetes dapat menyebabkan atau meningkatkan risiko berbagai kondisi mata seperti katarak, retinopati, dan glaukoma. Jika tidak diobati, kondisi ini dapat menyebabkan kehilangan penglihatan. Semakin lama Anda menderita diabetes, semakin tinggi risiko Anda. Dan, menurut National Eye Institute, banyak kondisi mata tidak menimbulkan gejala sampai penglihatan terganggu. Untuk membantu mengurangi risiko, tetapkan tujuan untuk melakukan pemeriksaan mata melebar dengan dokter mata setahun sekali.

4. Kelola stres kronis

Berurusan dengan kondisi berat membuat stres. Stres kronis dapat membuat sulit untuk mengelola kadar gula darah Anda. Ini juga dapat membuat Anda kurang cenderung untuk makan sehat atau berolahraga. Menetapkan tujuan jangka panjang untuk mengelola stres dapat membantu Anda mengendalikan situasi. Tetapkan tujuan untuk menyelesaikan kelas yoga atau belajar bermeditasi. Jika Anda merasa tidak dapat menangani stres sendiri, hubungi dokter untuk meminta bantuan.

5. Pertahankan berat badan yang sehat

Anda dapat mencapai tujuan penurunan berat badan Anda dengan mengubah diet Anda dalam jangka pendek, tetapi mempertahankan berat badan yang sehat itu sulit. Banyak hal selain diet dan olahraga yang memengaruhi angka pada timbangan Anda seperti kadar hormon, kebiasaan gaya hidup seperti tidur, dan stres. Menetapkan tujuan jangka panjang untuk terus menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat dapat membantu Anda tetap termotivasi.