Return to site

Manajemen Diabetes Ini Dapat Memangjangkan Umur Anda

December 23, 2021

Perlu diketahui, kemungkinan Anda meninggal akibat diabetes meningkat dengan pilihan gaya hidup yang buruk dan manajemen diabetes yang tidak tepat. Meskipun demikian, setiap pasien diabetes tidak selalu berarti Anda akan meninggal pada usia yang muda, peningkatkan kematian pada pasien diabetes adalah karena komplikasi yang dapat terjadi yang meningkatkan risiko kematian dini tersebut. Jika Anda tidak benar dalam mengelola diabetes, Anda meningkatkan risiko komplikasi ini dan karena itu, kematian menjadi lebih sering terjadi pada pasien diabetes dengan usia lebih muda. Jadi, untuk memastikan Anda mendapatkan kesehatan untuk meningkatkan potensi umur panjang, berikut adalah tips untuk meningkatkan umur panjang Anda meskipun memiliki penyakit diabetes tipe 2.

Meskipun diabetes tipe 2 dapat menurunkan umur Anda menakutkan, itu tidak harus menjadi kebenaran Anda. Dengan melakukan perubahan gaya hidup sehat, Anda dapat hidup panjang dan sehat tanpa komplikasi. Mulailah dengan melakukan tindakan berikut.

1. Kurangi atau Hilangkan Natrium, Lemak, dan Gula

Salah satu cara terbaik untuk membantu meningkatkan harapan hidup Anda saat hidup dengan diabetes tipe 2 adalah dengan mengubah pola makan Anda. Natrium, lemak, dan gula dapat merusak kestabilan kadar gula darah. Cobalah untuk menghilangkan soda dan jus, minuman energi dengan banyak gula, minuman olahraga yang tidak perlu, daging merah dan lemak tidak sehat lainnya. Pantau asupan natrium Anda dan coba batasi hingga 2.300 mg/hari atau kurang.

2. Makan Makanan Bergizi

Saat berupaya menghilangkan makanan yang tidak sehat, tingkatkan asupan buah dan sayuran yang bergizi. Masak makanan Anda sendiri di rumah daripada makan di luar. Pertimbangkan perencanaan makan diabetes untuk memasak yang lebih efisien dan selalu pastikan menu Anda diisi dengan makanan sehat yang memiliki nutrisi seimbang.

3. Perbanyak Berolahraga Secara Teratur

Berolahraga secara teratur adalah cara lain untuk meningkatkan umur panjang Anda. Tidak hanya membantu melindungi diri Anda dari penyakit kardiovaskular, tetapi juga bagus untuk menstabilkan kadar gula darah Anda. Untuk hasil terbaik, cobalah melakukan setidaknya dua setengah jam olahraga aerobik intensitas sedang setiap minggu. Ini dapat dicapai dengan bersepeda, jalan cepat, lari, atau bahkan perawatan rumah atau taman dengan penuh semangat. Anda tidak harus berada di gym selama berjam-jam, cukup lakukan aktivitas fisik di rumah juga dapat dikategorikan sebagai olahraga. Akan tetapi, untuk hasil terbaik, kombinasikan aktivitas aerobik dengan latihan kekuatan setidaknya dua hari seminggu. Anda dapat melakukan latihan seluruh tubuh atau menargetkan satu area, pastikan Anda melatih semua kelompok otot utama untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

4. Mencegah Infeksi

Orang yang hidup dengan diabetes memiliki peningkatan risiko terkena infeksi tertentu seperti influenza, pneumonia, dan infeksi saluran kemih. Meskipun ini tidak selalu serius, jika tidak mendapatkan perawatan tetap saja dapat mengancam jiwa pasien diabetes. Hal ini disebabkan oleh penurunan tingkat penyembuhan dan peningkatan risiko luka ulserasi. Karena itu, jika Anda memiliki diabetes, lakukan segala cara untuk mencegah infeksi. Jika Anda melihat tanda-tanda infeksi atau sedang berjuang untuk mengelola diabetes dengan benar saat Anda sakit, segera hubungi dokter Anda.