Return to site

Makanan & Minuman Yang Membantu Memperbaiki Waktu Tidur Untuk Pasien Diabetes

December 3, 2021

Jam tidur yang disarankan untuk orang dewasa adalah tujuh jam. Namun, menurut sleepfoundation.org, antara 10% dan 30% orang dewasa berjuang dengan insomnia kronis dan semakin tua mereka, gangguan tidur menjadi masalah bagi banyak orang (antara 30% dan 48%). Tidur yang cukup membantu seseorang merasa cukup istirahat, membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati seseorang secara keseluruhan. Bahkan tidur yang teratur akan membantu pasien diabetes dalam mengontrol gula darah. Sedangkan. kurang tidur dapat menyebabkan seseorang rentan terhadap penyakit bagi orang-orang sehat. Health Cleveland Clinic melaporkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, diabetes, serangan jantung, gagal jantung, obesitas, depresi, gangguan kekebalan tubuh dan stroke. Salah satu cara terbaik untuk membantu seseorang tidur lebih baik adalah melalui hormon tidur, melatonin.

Melatonin adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar pineal di otak Anda dan fungsi utamanya adalah untuk mengatur siklus tidur alami. Berdasarkan informasi yang di rilis healthline, bahwa orang dengan insomnia yang mengonsumsi melatonin dua jam sebelum tidur membantu orang tersebut tertidur lebih cepat dan meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan. Meski ada suplemen yang bisa Anda beli, Anda dapat meningkatkan hormone melatonin ini dengan mengonsumsi bahan alami. Berikut adalah buah dan minuman yang dapat membantu meningkatkan hormon melatonin untuk memperbaiki kualitas tidur Anda.

1. Susu

Sleep Foundation merekomendasikan segelas susu hangat sebelum tidur. Menurut beberapa laporan, minum secangkir susu hangat di malam hari akan membantu Anda tidur lebih nyenyak karena susu mengandung melatonin dan triptofan, yang diketahui membantu meningkatkan kualitas tidur.

2. Berry

Buah berry, khususnya goji berry, mengandung melatonin yang tinggi dan dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

3. Telur

Telur adalah bahan alami yang sangat bergizi. Telur memiliki protein dan merupakan sumber vitamin D yang baik. Telur juga salah satu makanan mengandung melatonin yang akan membantu Anda tidur lebih nyenyak.

4. Kacang-kacangan

Sleep Foundation mengungkapkan bahwa kacang-kacangan seperti almond, kenari, pistachio, dan kacang mete adalah makanan yang baik untuk memperbaiki tidur karena mengandung melatonin serta magnesium dan seng esensial yang penting untuk berbagai proses tubuh.

5. Anggur

Tingkatkan pola tidur Anda dengan makan buah anggur, terutama yang berwarna merah. Karena anggur merah merupakan salah satu jenis buah yang mengandung melatonin yang tinggi.

6. Jamur

Sertakan jamur dalam menu makan malam Anda untuk membantu meningkatkan kualitas tidur. Karena, jamur merupakan salah satu jenis makanan mengandung triptofan dan melatonin.

Perlu Anda ingat bahwa setiap kandungan gizi dalam buah, sayur dan minuman akan memiliki kandungan gizi yang berbeda jika dalam bentuk olahan. Jadi, sebaiknya Anda mengonsumsi buah-buah ini dalam keadaan segar. Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui porsi buah yang dapat Anda konsumsi agar tidak mengganggu manajemen diabetes/kontrol gula darah Anda.