Return to site

Makanan Diet Untuk Anda Yang Memiliki Diabetes

June 30, 2020

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) melaporkan sekitar 34,2 juta kasus diabetes pada tahun 2020 terjadi di Amerika. Diabetes adalah kondisi medis yang menghambat kemampuan pankreas untuk membuat atau memanfaatkan insulin yang diperlukan untuk mengatur kadar gula darah. Tidak adanya insulin dapat membuat sel-sel dan jaringan-jaringan kehilangan energi, yang pada akhirnya menyebabkan kerusakan jaringan-jaringan tubuh.

Penderita diabetes tipe 1 harus mendapatkan insulin melalui suntikan atau pompa. Menurut CDC, 1,6 juta orang di AS menderita diabetes tipe 1. Statistik ini terdiri dari 187.000 anak-anak. Meskipun diabetes tipe 1 ebih banyak terjadi pada anak berdasarkan statstik tersebut, diabetes tipe 1 juga bisa terjadi pada siapa saja dengan usia berapa pun, ras dan bentuk apa pun.

Sedangkan bagi mereka yang menderita diabetes tipe 2 harus selalu memantau kadar gula darah mereka dengan pola makan dan aktivitas fisik yang sehat serta teratur. Mereka tentu juga memerlukan obat untuk diabetes pada dosis yang berbeda guna membantu mereka mengelola kadar gula darah. Tergantung pada kondisinya, insulin juga diberikan kepada penderita diabetes tipe 2 untuk mengembalikan kadar glukosa darah menjadi normal.

Diabetes, adalah merupakan salah satu dari tujuh penyebab kematian terbesar pada tahun 2017 di Amerika. Meskipun kita hidup di Indonesia, bukan berarti data ini tidak berpengaruh kepada Anda. Sebagai bagian dari cara Anda untuk mengobati dan mencegah diabetes, berikut adalah daftar makanan untuk pengendalian diabetes:

1. Kacang dan Biji-Bijian

Pilihannya termasuk kacang mete, kacang tanah, biji chia, kenari, almond, biji rami dan pistachio. Karena mereka dipenuhi dengan lemak sehat yang sepenuhnya diserap oleh tubuh, kacang-kacangan dan biji-bijian dapat membantu mengatur gula darah dan asupan makanan. Vitamin, mineral, protein nabati dan serat membuat kacang-kacangan dan biji-bijian sebagai camilan seimbang yang menyehatkan. Kacang hitam, kacang pinto, kacang polong dan lentil adalah beberapa contoh kacang-kacangan yang menstabilkan gula darah dengan membantu pencernaan yang sehat dengan jumlah serat yang disediakan, juga mencegah penyerapan gula yang cepat.

2. Havermut/Oat

Oat tidak mengandung gula sehingga membantu penderita diabetes tipe 2 mempertahankan kadar gula darah normal. Selain itu, oatmeal adalah sumber serat yang kuat yang membantu mencapai tingkat A1C normal pada orang yang sering mengkonsumsinya.

3. Tomat

Vitamin C yang ditemukan dalam tomat terbukti menurunkan kadar gula darah setelah dimakan oleh orang-orang yang menderita diabetes tipe 2.

4. Sayuran Hijau

Pada daftar ini termasuk sayur bayam, kangkung, selada dan lobak. Sesuai beberapa penelitian, sayuran ini mungkin dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

5. Brokoli

Karena brokoli adalah sumber serat, sayuran yang satu ini akan membantu Anda dalam proses pencegahan risiko peningkatan kadar gula darah.

Itulah beberapa daftar makanan diet yang juga bagus untuk pencegahan diabetes yang dapat kami berikan. Perlu Anda ingat, Anda juga tidak boleh mengkonsumsi secara berlebihan. Karena apa pun yang dikonsumsi secara berlebihan akan membawa Anda keluar dari pola makan sehat.

Ilustrasi (c) Unsplash.com