Return to site

Langkah-Langkah Dasar Melakukan Diet Keto/Ketosis

January 12, 2021

Diet Keto tidaklah sesulit yang Anda kira. Meskipun demikian kami tetap menyarankan Anda untuk tetap melakukan penelitian sebelum menjalankan diet Keto. Disini, kami ingin memberikan beberapa langkah-langkah dasar untuk memulai diet Anda. Sebenarnya apa sih diet keto? Diet Keto adalah versi lain dari diet rendah karbohidrat. Diet ini berfokus untuk membuat tubuh Anda membakar lemak lebih cepat sehingga membantu Anda menurunkan berat badan dengan lebih mudah.

Saat Anda mengkonsumsi makanan sarat akan gula dan karbohidrat, tubuh Anda menggunakannya untuk energi. Ketika Anda menghilangkan lemak tersebut dari makanan Anda, tubuh Anda dipaksa untuk menggunakan lemak yang ada untuk energi. Ini membantu Anda menurunkan lemak dengan cepat dan mudah.

1. Menghitung nilai karbohidrat yang harus Anda konsumsi atau yang harus Anda buang

Untuk memulai, Anda harus menghitung berapa banyak yang harus Anda makan setiap hari. Fokus Anda akan membatasi karbohidrat hingga kurang dari 30 gram, tetapi biasanya 20 gram adalah yang paling umum. Anda juga harus memastikan mendapatkan cukup protein dan lemak sehat sepanjang hari untuk menjaga tubuh Anda tetap bersemangat.

Kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan Kalkulator Ketogenik untuk mencari tahu berapa nilai yang harus Anda hilangkan setiap harinya. Melakukan hal ini tentu memerlukan informasi dasar (tinggi, berat, dan sebagainya). Anda juga dianjurkan untuk menghitung kalori dan protein, lemak, dan karbohidrat yang harus Anda makan setiap hari sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

2. Makanan yang Anda konsumsi

Sukses diet keto ditentukan dari makanan yang tepat yang Anda konsumsi setiap harinya dan menghindari makanan yang tidak mendukung diet Anda. Meskipun beberapa buah dan sayuran dapat diterima, Anda tidak akan mengonsumsi makanan yang terlalu banyak gula, roti, atau makanan bertepung (kentang atau jagung). Jika Anda bisa, kurangi suplai makanan yang tidak dianjurkan selama diet keto. Hal ini akan membantu Anda menghindari makanan tersebut dengan baik.

3. Investasikan alat untuk diet

Jangan ragu untuk mengeluarkan uang Anda untuk membeli alat-alat pendukung untuk diet keto. Alat-alat ini akan membantu Anda menjalani proses diet dengan baik dan juga tidak membahayakan tubuh Anda. Anda dapat membeli alat test kadar gula, buku panduan untuk diet keto yang disarankan oleh dokter dan sebagainya.

Anda mungkin juga menemukan bahwa Anda akan berhasil dengan membeli alat tes ketosis. Alat ini akan membantu Anda mengukur apakah tubuh Anda dalam kondisi ketosis atau tidak?Apakah Anda perlu lebih menyesuaikan pola makan atau tidak? Beberapa makanan seperti buah-buahan dan sayuran tertentu akan mencegah Anda dari ketosis?

4. Bergabung dengan komunitas

Anda dapat mengajak teman untuk diet ketosis, bergabung dengan forum atau Anda bergabung dengan salah satu dari banyak grup pendukung di Facebook. Karena ini membutuhkan seseorang untuk membantu Anda dalam perjalanan untuk menjalani diet. Anda juga dapat bekonsultasi dengan mengikuti seminar secara umum atau dengan berkonsultasi secara individu dengan dokter spesialis yang dapat mendukung Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com