Return to site

Kuku Kuning & Kasar, Apakah Diabetes?

June 22, 2021

Anda mungkin pernah melihat kuku Anda yang awalnya terlihat putih dan halus, perlahan mulai berubah warna menjadi kekuning-kuningan dan kasar. Hal ini kerap terjadi pada orang yang salah dalam melakukan perawatan kuku dan juga memang adanya indikasi penyakit dalam dirinya. Untuk kondisi normal, perawatan yang salah menyebabkan sebagian kuku tidak mendapatkan nutrisi baik karena infeksi atau karena kesalahan ketika memotong kuku hingga bagian luarnya sedikit terkelupas, sehingga kemudian kuku tersebut menjadi mati dan mudah untuk dipatahkan. Tetapi, hal ini bukanlah hal yang membahayakan, karena pada akhirnya kuku akan berganti seiring dengan pertumbuhan kuku tersebut.

Sedangkan, kuku yang berwarna kuning dan merupakan indikasi penyakit juga bisa saja terjadi. Beberapa orang menganggap hal ini sebagai hal yang sepele di awal. Namun, jika tidak diperhatikan lebih lanjut, bisa-bisa ia memiliki penyakit yang serius yang seharusnya bisa dicegah atau bisa diobati. Adapun beberapa kasus kuku kuning ini menjadi tanda bahwa orang tersebut memiliki gejala penyakit seperti penyakit kuning, masalah pada selaput lendir, tuberculosis dan juga menjadi tanda memiliki diabetes.

Apakah pasien diabetes akan selalu mengalami kuku kuning?

Jika digeneralisasi, tidak demikian. Banyak pasien diabetes yang tidak mengalami tanda-tanda melalui kuku menjadi kuning. Akan tetapi, sering kali pasien diabetes mengalami hal tersebut. Penyebab utama dari kuningnya kuku adalah dikarenakan adanya masalah pada proses pemecahan gula darah dalam tubuh. Hal ini pun berpengaruh terhadap kolagen kuku.

Seperti yang kami singgung di awal, kuku kuning ini tidak selalu menjadi tanda diabetes. Apabila Anda tidak memiliki riwayat keluarga yang memiliki diabetes dan kadar gula darah Anda normal, bisa saja itu sebagai tanda Anda memiliki penyakit lain. Untuk mengetahui lebih pasti mengenai kondisi Anda, kami sangat menganjurkan Anda untuk datang ke rumah sakit, puskesmas/klinik atau dokter pribadi Anda untuk memeriksa kesehatan Anda. Jangan mudah panik karena mengalami hal semacam ini. Selama Anda selalu waspada, maka Anda dapat mengobati lebih awal atau bahkan menghentikan proses penyakit untuk tumbuh. Jika tidak ada indikasi penyakit, maka itu artinya Anda hanya perlu menunggu kuku Anda tumbuh dan memotong kuku yang rusak tersebut.