Return to site

Komplikasi Diabetes Terhadap Mata Bagian 3: Glaukoma

April 21, 2021

Masih dengan membahas bagaimana efek atau komplikasi yang disebabkan oleh diabetes terhadap mata. Dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan pengetahuan kepada Anda tentang efek diabetes terhadap mata yang menyebabkan glaukoma. Namun sebelum membahas lebih lanjut, apakah Anda mengerti defines glaukoma?

Apa itu glaukoma?

Glaukoma adalah suatu kondisi di mana serabut saraf di bagian belakang mata rusak, hal ini umumnya terjadi karena adanya penumpukan tekanan dari cairan di dalam mata. Tekanan yang meningkat dapat merusak saraf optik, yang pada akhirnya menyebabkan hilangnya penglihatan. Jenis glaukoma yang paling umum adalah glaukoma sudut terbuka primer, meskipun ada banyak jenis yang berbeda.

Sulit untuk mengidentifikasi kapan Anda mengalami glaukoma, karena bagi kebanyakan orang peningkatan tekanan mata ini terjadi secara bertahap dan tidak menimbulkan rasa sakit. Seringkali glaukoma hanya dapat dideteksi melalui tes mata dan gejala utama (jika ada) adalah hilangnya atau kaburnya penglihatan pada penglihatan tepi Anda, yang jika tidak ditangani, dapat menyebabkan masalah penglihatan yang sangat serius. Namun, karena perubahan penglihatan ini lambat, dan mungkin hanya memengaruhi satu mata, banyak orang tidak menyadari bahwa penglihatan mereka berubah. Inilah mengapa tes mata secara teratur sangat penting, bahkan jika Anda merasa tidak ada yang salah dengan penglihatan Anda. Ada juga gejala lain yang lebih jarang yang mengindikasikan glaukoma, seperti nyeri mata yang meningkat, sakit kepala, dan nyeri di sekitar mata.

Hubungan antara glaukoma dan diabetes

Penelitian menegaskan hubungan antara glaukoma dan diabetes dan meskipun risiko glaukoma pada setiap orang meningkat seiring bertambahnya usia. Perlu Anda ketahui, jika Anda memang pasien diabetes, Anda berisiko lebih tinggi terkena kondisi tersebut. Sebuah penelitian di Australia terhadap lebih dari 3.500 orang tua menemukan hubungan yang signifikan antara diabetes dan glaukoma, sementara penelitian lain terhadap hampir 5.000 orang tua di AS menemukan bahwa glaukoma sudut terbuka lebih sering terjadi pada orang dengan diabetes yang lebih tua.

Dalam studi terpisah terhadap lebih dari 4.000 orang lanjut usia di Belanda, yang mencari tanda-tanda diabetes dan glaukoma, menemukan bahwa diabetes yang baru didiagnosis dan kadar glukosa darah yang tinggi memiliki hubungan dengan glaukoma. Dari 5 Studi ini mengamati satu jenis glaukoma, primer terbuka. glaukoma panjang, yang lebih sering terjadi jika Anda merupakan pasien diabetes tipe 2. Ada juga jenis glaukoma lain, glaukoma neovaskular, yang berhubungan dengan pertumbuhan pembuluh darah abnormal pada mata yang menghalangi drainase alami mata. Tipe ini dapat memengaruhi orang dengan diabetes tipe 1 dan tipe 2 secara setara, menurut sebuah penelitian di Denmark.

Apa yang harus Anda lakukan?

Jika Anda adalah pasien diabetes, Anda disarankan untuk melakukan tes mata rutin untuk penyakit mata diabetes khususnya glaukoma ini. Semakin lama Anda memiliki diabetes, semakin besar peluang Anda untuk mengalami glaukoma, jadi menjaga gula darah Anda dan melakukan pemeriksaan mata secara teratur sangat penting untuk mencegah atau menunda glaukoma. Jika Anda membutuhkan dukungan untuk menjaga kadar gula darah Anda, yang terbaik adalah mencari nasihat dari dokter umum atau spesialis diabetes Anda.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menjalani tes mata rutin, yang dilakukan setiap dua tahun sekali. Penting untuk menjalani semua tes ini karena glaukoma dapat berkembang secara bertahap, dan bagi sebagian orang dapat terjadi ketika tekanan pada mata berada pada tingkat normal.

Ilustrasi (c) Unsplash.com