Return to site

Komplikasi Diabetes Terhadap Mata Bagian 2: Katarak

April 20, 2021

Diabetes adalah penyakit sistemik dan banyak pasien yang menjalani operasi katarak memiliki penyakit mata diabetik yang hidup berdampingan. Pada mata yang sehat, operasi katarak modern dapat memulihkan penglihatan dengan sangat baik dan memperbaiki miopia, hiperopia, dan astigmatisme. Tetapi bila ada penyakit mata dan diabetes yang menyertai, operasi katarak dapat menambah tekanan pada mata dan dapat menyebabkan edema makula, retinopati progresif, dan penglihatan terbatas.

Meskipun masih mungkin untuk memberikan hasil yang baik dari operasi katarak pada pasien diabetes, pasien ini berisiko tinggi mengalami komplikasi dan kemudian mengalami keterbatasan penglihatan. Dengan perencanaan pra operasi yang cermat, perhatian terhadap detail selama fakoemulsifikasi dan pengawasan pasca operasi yang ketat, pasien diabetes dapat mencapai penglihatan yang sangat baik setelah operasi katarak.

Evaluasi preoperatif

Pasien diabetes menerima jenis evaluasi pra operasi yang sama dengan pasien katarak lainnya tetapi dengan lebih menekankan pada keberadaan dan luasnya perubahan mata diabetik. Pasien diabetes cenderung mengalami katarak lebih awal dan mungkin lebih rentan mengalami katarak subkapsular posterior dibandingkan pasien lain, sehingga mereka sering mengalami katarak pada usia dini. Penting untuk menetapkan bahwa katarak yang terlihat sesuai dengan ketajaman visual pasien dan disfungsi visual yang dilaporkan. Jika pasien melaporkan masalah penglihatan yang parah tetapi pemeriksaan menunjukkan katarak ringan, seseorang harus memperhatikan retina dengan cermat untuk mengetahui penyebab kehilangan penglihatan lainnya.

Retinopati diabetik secara garis besar dapat dibagi menjadi dua kategori: background diabetic retinopathy dan proliferative diabetic retinopathy. Salah satu faktor pembeda utama adalah adanya neovaskularisasi yang berbahaya. Pertumbuhan pembuluh darah baru dapat menyebabkan sejumlah masalah berikutnya, termasuk perdarahan vitreous, ablasi saluran retina dan glaukoma neovaskular. Pasien diabetes pada tahap spektrum retinopati rentan terhadap edema makula, yang merupakan salah satu penyebab utama kehilangan penglihatan sentral pada pasien ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com